PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA

ADI MOLYONO, NIM : 10380051 (2016) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA)
10380051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PT. BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA KOTA YOGYAKARTA)
10380051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu lembaga keuangan bank yang dalam bentuk kegiatannya untuk mengimpun dana dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera Kota Yogyakarta mempunyai cakupan pada tingkat regional dengan berlandaskan kepada prinsip-prinsip syariah. Apabila dibandingkan dengan bank umum relatif sempit cakupannya dalam melakukan kegiatan jasa keunanganya. Karena Bank Pembiayaan Rakyak Syariah berfungsi sebagai pelaksana sebagian fungsi bank umum. Kemudian dari beberapa akad yang digunakan, akad murabahah merupakan akad yang paling dominan dalam realisasinya. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), artinya penyusun akan secara langsung terjun pada obyek penelitian untuk memperoleh data. Dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara observasi dan deskriptif analisis, yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan dan menguraikan pokok permasalahan, khususnya mengenai bagaimana implementasi akad murabahah. Akad murabahah yang diimplementasikan oleh PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera Kota Yogyakarta merupakan suatu tindakan konrit para pakar syariah yang membutuhkan dorongan secara terus-menerus demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Indonesia sesuai dengan tujuan dan cita-cita bersama. Baik dorongan dari masyarakat Islam serta dorongan dari pemerintah sendiri. Mengenai pengawasannya PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera Kota Yogyakarta secara operasional dibina dan diawasi oleh Bank Indonesia sebagai sentral di Indonesia. Sedangkan pembinaan dan pengawasan dari sisi pemenuhan prinsip-prinsip syariah dilakukan oleh Dewan Syariah Nasional MUI. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad murabahah hukumnya boleh (mubah) dan termasuk dari jual beli. Dalam implementasi akad murabahah hendaklah meliputi penjual, pembeli, adanya obyek murabahah dan ijab qabul. Dalam akad murabahah, barang yang dijadikan obyek transaksi harus jelas spesifikasinya, harga barangnya serta bukan barang yang diharamkan. Mengenai cara menentukan keuntungan akad murabahah yaitu menggunakan sistem ekuvalen rate yang sama dengan sistem yang digunakan pada bunga bank konvensional. Dengan sistem ini disinyalir adanya unsur rekayasa (hilah) didalamnya. Sebab, realitanya margin yang diambil pada akad murabahah khususnya cenderung lebih besar dari pada bunga bank konvensional. Hal ini akan mengurangi animo (trust) masyarakat untuk bertransaksi pada bank syari’ah, sehingga dapat menghambat dalam meningkatkan perekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Moh. Tamtowi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:05
Last Modified: 19 Jan 2017 04:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item