JUAL BELI MAKANAN TANPA LABEL HARGA DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI HUKUM DAN YURIDIS (Studi Angkringan Modern di Kota Yogyakarta)

KHABIBUL WAKHIT, NIM: 12380087 (2016) JUAL BELI MAKANAN TANPA LABEL HARGA DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI HUKUM DAN YURIDIS (Studi Angkringan Modern di Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUAL BELI MAKANAN TANPA LABEL HARGA DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI HUKUM DAN YURIDIS (Studi Angkringan Modern di Kota Yogyakarta))
12380087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (JUAL BELI MAKANAN TANPA LABEL HARGA DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI HUKUM DAN YURIDIS (Studi Angkringan Modern di Kota Yogyakarta))
12380087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis dan berlokasi di Daerah Kota Yogyakarta. Di dalam pembahasan menggunakan pendekatan Ideologi Hukum yang memuat Asas-Asas dan Yuridis terkait dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tinjauan dilakukan secara Ideologi Hukum terkait dengan Asas-Asas, serta pandangan Yuridis oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen terhadap makanan tanpa label harga di angkringan modern. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa penjual makanan tanpa label harga di angkringan modern Daerah Kota Yogyakarta yang dilakukan sebagian pemilik angkringan modern, tidak dibenarkan dalam hukum islam, karena terdapat unsur penipuan dan permainan harga kepada konsumen yang berasal dari luar daerah Kota Yogyakarta. Hal tersebut juga dilarang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan, bahwa setiap pelaku usaha yang melakuka transaksi jual beli dan atau usahanya harus mencantumkan dan memberikan informasi secara jelas, jujur, dan benar terhadap produk, barang, dan atau jasa yang diperdagangkan. Hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pelaku usaha dan juga merupakan hak konsumen untuk memperoleh informasi secara benar dari pelaku usaha, dalam hal ini adalah label harga. Kata kunci: Jual Beli, Makanan Tanpa Label Harga, Ideologi Hukum, Yuridis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. HAMIM ILYAS, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Makanan Tanpa Label Harga, Ideologi Hukum, Yuridis.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 06:27
Last Modified: 19 Jan 2017 06:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23609

Actions (login required)

View Item View Item