TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI ANJING(STUDI KASUS DI PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA)

WAHYUDDIN ARSYAD, NIM :12380083 (2016) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI ANJING(STUDI KASUS DI PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI ANJING (STUDI KASUS DI PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA))
12380083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI ANJING (STUDI KASUS DI PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA))
12380083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Di era modern ini persaingan hidup sangat sulit,salah satunya dalam hal mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, dari hal inilah yang mengakibatkan begitu banyak orang yang bergelut dalam bisnis jual beli anjing, hal ini bukan suatu yang asing lagi ditengah masyarakat.Melihat keuntungan yang diperoleh dari hasil bisnis anjing ini yang cukup menjanjikan membuat banyak orang untuk terjun kebisnis ini.Hal ini di sebabkan karena banyaknya masyarkat yang senang terhadap anjing untuk membeli dan dipeliharanya.Namun, sejauh mana manfaat dari anjing ini yang dibeli oleh masyarakat, apakah manfaatnya telah sesuai dengan hukum yang ada atau belum, oleh karenanya penyusun rasa sangat penting untuk meneliti hal ini secara mendalam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan langsung terjun kemasyarakat sehingga dapat memperoleh data yang jelas dan benar, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Kemudian data yang telah di perolehakan dianalisis oleh penyusun dengan menggunakan pendekatan sosiologis, yakni dengan melihat fakta yang terjadi dimasyarakat. Apakah hal yang dilakukan masyarakat telah sesuai dengan hukum Islam yang ada atau belum dengan menggunakan pandangan sosiologi hukum Islam. Berdasarkan analisis sosiologi hukum Islam terhadap hasil penelitian di lapangan bahwa yang menjadi faktor terjadinya proses jual beli anjing di pasar satwa dan tanaman hias Yogyakarta adalah faktor ekonomi serta banyaknya masyarakat yang senang terhadap anjing. Dari faktor inilah yang mengakibatkan proses jual beli anjing di PASTY tetap berlansung, oleh karenanya hal ini tidak dapat dikatakan secara keseluruhan sebagai pelanggaran hukum atau jual beli yang dilarang, karena para pembeli yang datang ke pasar satwa dan tanaman hias Yogyakarta untuk membeli anjing sebahagian pembeli adalah para calon dokterdokter hewan untuk digunakan sebagai hewan penelitian selain itu tidak semua masyarakat yang membeli anjing menyalah gunakan anjing yang di belinya tetapi di gunakan untuk menjaga rumah dan lain-lain. Tetapi para penjual dan pembeli untuk lebih memperhatikan lagi mengenai proses jual beli yang di lakukan karena di dalamnya masih terdapat mudharatnya yang dapat merugikan para pihak terhadap kemaslahatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI HUKUM, SOSIOLOGI HUKUM ISLAM, JUAL BELI ANJING
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 06:32
Last Modified: 19 Jan 2017 06:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23611

Actions (login required)

View Item View Item