KERUKUNAN ANTAR UMAT ISLAM KRISTEN DAN HINDU (Studi Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur)

Muhammad Nur Romdloni, NIM: 12520002 (2016) KERUKUNAN ANTAR UMAT ISLAM KRISTEN DAN HINDU (Studi Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT ISLAM KRISTEN DAN HINDU (Studi Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur))
12520002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT ISLAM KRISTEN DAN HINDU (Studi Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur))
12520002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (787kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur)”, disusun oleh Muhammad Nur Romdloni Prodi Studi Agama-agama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keyakinan berupa agama yang resmi diakui oleh negara diantaranya; Hindu, Buddha, Kristen Katholik, Kristen Protestan, Islam dan Konghucu. Isu-isu agama sangat sensitif untuk dibicarakan sehingga sering menimbulkan banyak perselisihan. Kurangnya kesadaran menciptakan kerukunan antar umat beragama menjadi faktor terjadinya konflik dalam dinamika kehidupan beragama. Salah satunya munculnya isu terorisme dan maraknya kekerasan yang mengatasnamakan agama menjadi problematika tersendiri di Indonesia. Oleh sebab itu dalam penelitian yang bertempat di desa Balun kecamatan Turi, kabupaten Lamongan, merupakan salah satu bentuk gambaran dari keberagaman agama di Indonesia. Dalam desa tersebut terdapat tiga agama yaitu Islam, Kristen dan Hindu. Tempat untuk beribadah pun sangat berdekatan antara agama Islam, Kristen dan Hindu. Namun hal tersebut tidak menjadikannya suatu halangan untuk tetap menjalankan kehidupan masingmasing dalam satu lingkungan sosial. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan terciptaanya kerukunan antar umat beragama di desa Balun kecamatan Turi kabupaten Lamongan Jawa Timur, serta untuk menggambarkan bentuk kerukunan antar umat beragama di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kerukunan milik Franz Magnis Suseno dan solidaritas milik Emile Durkheim. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dengan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari ungkapan narasumber ketika wawancara, observasi, buku ataupun karya ilmiah beserta dokumentasi, yang terbagi dalam sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data memakai wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini bisa mengetahui bagaimana hubungan atau relasi yang terjadi dalam kehidupan sosial bermasyarakat yang terlihat pola interkasi di bidang ekonomi soisal politik dan budaya. Selanjutnya solidaritas yang terjalin antar umat beragama yang dilakukan masyarakat desa Balun adalah solidaritas mekanik terlihat ketika pelaksanaan slametan menyambut bulan ramadhan, arisan dan ogoh-ogoh, hal tersebut dilakukan masyarakat desa Balun sehingga terciptanya kerukunan antar umat bergama. Kata kunci: Solidaritas dan Kerukunan Antar Umat Beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Rahmat Fajri, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Solidaritas dan Kerukunan Antar Umat Beragama.
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:14
Last Modified: 19 Jan 2017 07:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23620

Actions (login required)

View Item View Item