TINDAKAN ADAPTASI SOSIAL KOMUNITAS WARIA DI PESANTREN AL-FATAH DENGAN MASYARAKAT CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

AFA FATHURRAHMAH, NIM. 12540015 (2016) TINDAKAN ADAPTASI SOSIAL KOMUNITAS WARIA DI PESANTREN AL-FATAH DENGAN MASYARAKAT CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINDAKAN ADAPTASI SOSIAL KOMUNITAS WARIA DI PESANTREN AL-FATAH DENGAN MASYARAKAT CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12540015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (TINDAKAN ADAPTASI SOSIAL KOMUNITAS WARIA DI PESANTREN AL-FATAH DENGAN MASYARAKAT CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
12540015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (979kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang menghargai kebebasan beragama. Setiap orang berhak memeluk agamanya masing-masing tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Salah satu daerah yang mempunyai kerukunan umat beragama adalah Kota Yogyakarta. Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang memiliki keistimewaan. Yogyakarta memiliki beragam komunitas, salah satunya komunitas waria. Kota Yogyakarta menginginkan adanya sebuah keharmonisan dalam kemajemukan. Namun pada kenyataannya Yogyakarta diguncangkan dengan adanya intoleransi yang diakibatkan oleh organisasi masa dan masyarakat yang merasa keberatan dengan adanya Pondok Pesantren Waria. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana adaptasi waria dalam mempertahankan nilai-nilai agama di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelestarian nilai-nilai tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer yang digunakan berasal dari hasil observasi, wawancara kepada waria, ketua RT, Dukuh Celenan dan sebagian masyarakat. Sumber data sekunder meliputi website, dokumen, dan buku-buku terkait. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial dari Talcott Parsons. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi yang dijalankan waria mengalami suatu masalah karena ada sistem yang rusak di dalamnya. Untuk mengatasi masalah yang dialami waria, waria tetap mempertahankan nilai-nilai yang dijalankan oleh waria kepada dunia luar, siasat yang dilakukan waria agar dapat meyakinkan masyarakat untuk dapat diterima dengan baik, dengan menanamkan nilai-nilai positif. nilai-nilai ini diadaptasi waria kepada masyarakat bahwa dengan nilai-nilai yang ditetapkan guna dapat diterima baik keberadaan waria maupun kegiatannya. Selama ini masyarakat tidak tahu keinginan waria seperti apa, oleh sebab itu waria menerapkan nilai-nilai penghormatan terhadap leluhur waria. Tujuan yang ingin dicapai adalah bisa diterima sebagai kepribadian muslim waria yang baik serta diterima sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki kontribusi. Integrasi yang dipertahankan adalah memberikan kontribusi di tengah-tengah masyarakat, seperti mengadakan bakti sosial dan waria tetap menjaga perilaku dimana pun waria tinggal. Latensi yang dipertahankan oleh waria adalah tetap melanggengkan norma bahwa mereka itu takdir, serta waria memiliki pribadi yang baik. Adapun faktor pendukungnya waria mendapat dukungan dari keluarga dan yang menjadi penghambat dari waria adanya penolakan dari pihak FJI yang berkeinginan untuk dibekukan pondok pesantren waria, selain itu FJI memberikan ancaman kepada waria, sehingga dari aparat kelurahan, polisi beserta jajarannya lebih memihak FJI. Kata kunci: Tindakan, adaptasi komunitas waria, masyarakat Celenan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag, M.Hum, MA,
Uncontrolled Keywords: Tindakan, adaptasi komunitas waria, masyarakat Celenan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 14:30
Last Modified: 19 Jan 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum