PEMBINAAN ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DI PANTI ASUHAN DAARUL HIKMAH BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

M. DHIYAUDDIN ABDUL CHOIR, NIM. 10540050 (2016) PEMBINAAN ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DI PANTI ASUHAN DAARUL HIKMAH BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DI PANTI ASUHAN DAARUL HIKMAH BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG)
10540050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN ANAK ASUH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DI PANTI ASUHAN DAARUL HIKMAH BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG)
10540050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena dekadensi moral atau dikenal dengan kemerosotan akhlak remaja memang bukan hal yang baru terjadi akhir-akhir ini. Masalah dekadensi moral remaja merupakan masalah kompleks yang terjadi di berbagai kota di Indonesia. Sejalan dengan arus informasi yang semakin mudah diakses memberikan dampak negatif yang cukup meluas, terutama dalam kehidupan remaja. Tentu hal ini, membuat keprihatinan bersama. Sehingga pembinaan perlu dilakukan untuk mendampingi anak remaja. Pembinaan yang tidak hanya berhenti pada tataran kognitif semata, namun diupayakan bisa membentukan anak yang mempunyai perilaku sosial yang diharapkan. Salah satu lembaga yang menaungi pembinaan anak remaja Magelang dan sekitarnya adalah Panti Asuhan Daarul Hikmah Borobudur Magelang. Penelitian ini fokus pada bentuk pembinaan yang dilakukan di Panti Asuhan Daarul Hikmah dan pembinaan terhadap upaya pembentukan perilaku sosial anak asuh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan penjabaran diskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan penelitian ini dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis penelitian ini dengan reduksi data dan diskripsi data. Selanjutnya teori yang digunakan teori perilaku sosial yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomtor. Hasil penelitian dinyatakan bahwa, pembinaan yang selama ini dilakukan di Panti Asuhan ini, bisa dikategori menjadi tiga aspek antara lain, pembinaan keagamaan, Skill (ketrampilan), dan pembinaan mental. Pembinaan pada aspek kognitif ini berupa makin meningkatkannya pengetahuan keagamaan yang menjadi basic dalam berperilaku anak asuh, dan aspek afektif ini tercermin dari sikap tanggung jawab, kepedulian dan kepekaan anak asuh dalam beraktifitas sehari-hari. Selanjutnya aspek psikomotor ini berupa anak asuh semakin berminat dalam pembinaan yang dilakukan di Panti Asuhan Daarul Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBINAAN, PEMBINAAN ANAK ASUH, PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL, PERILAKU SOSIAL
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 14:44
Last Modified: 19 Jan 2017 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum