RASIONALITAS HUBUNGAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT BERAGAMA DI DESA BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA

WAHID NURROHMAN, NIM: 11540047 (2016) RASIONALITAS HUBUNGAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT BERAGAMA DI DESA BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS HUBUNGAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT BERAGAMA DI DESA BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA)
11540047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS HUBUNGAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT BERAGAMA DI DESA BANJARARUM KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO YOGYAKARTA)
11540047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (948kB)

Abstract

Wahid Nurrohman(11540047). Skripsi dengan judul: Rasionalitas Hubungan Sosial Keagamaan Masyarakat Beragama Di Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. Bangsa Indonesia dalam banyak hal dianugerahi kelebihan dengan berbagai kemajemukan di masyarakatnya. Tidak saja lantaran kondisi sosio-geografis, etnis, dan k e ag a ma a n semata, tapi keragaman ini telah dimulai sejak cikal bakal sejarah kelahirannya. Sayangnya potensi kemajemukan, pluralitas dan sebutan sejenisnya kerap menjadi pemicu lahirnya pertentangan dan pertikaian antar golongan. Parahnya latar belakang agama kerap dijadikan kambing hitam oleh beberapa oknum hingga tak pelak me n i m b u l k a n stereotip dan stigma buruk y ang mulai disematkan pada umat Islam yang kebetulan menjadi penghuni mayoritas bangsa ini. Berangkat dari sinopsis tersebut penelitian ini dilakukan dengan salah satu alasan untuk menjawab stigma dan tuduhan buruk terhadap Islam sebagaimana yang selama ini mereka anggap sebagai agama eksklusif yang sangat tertutup terhadap pluralitas dan heterogenitas. Padahal ajaran Islam telah diwariskan secara turun temurun melalui instrument pendidikan yang mengakomodir pluralitas. Untuk membuktikan asumsi tersebut, penulis melakukan peneltian lapangn dengan mencari titik temu dalam keragaman, dan tentunya dengan menggunakan kacamata Islam. Objek penelitian dilakukan di Dusun Puser Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang. Desa yang terletak di ketinggian 500 MDPL, merupakan salah satu bentuk representasi dari keadaan Indonesia yang majemuk, hal ini dibuktikan dengan keadaan desa berbagai perbedaan latar belakang keagamaan. Pegumpulan data pada peneitian ini, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian diolah dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi hingga diperoleh sebuah kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa, terdapat bentuk-bentuk rasionalitas keagamaan masyarakat Banjararum Kecamatan Kalibawang yang ditunjukkan melalui hubungan sosial yang begitu intim antar umat beragama tanpa menoleh pada sisi latar belakang keagamaan. Menariknya, proses rasionalisasi yang terjadi di masyarakat Desa Banjararum tumbuh dengan alami dan dimotivatori oleh spirit kesadaran beragama yang tinggi antar masyarakat yang berbeda kepercayaan. Proses rasionalitas terhadap agama itu kemudian diejawantahkan melalui eratnya hubungan solidaritas antar umat beragama di segala bidang, diantaranya: kerjasama ekonomi, kerjasama bidang sosial-keagamaan serta kerjasama dalam kegiatan seni dan kebudayaan. Kata Kunci : Rasionalitas, Hubungan Sosial Keagamaan, Masyarakat Beragama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehadha
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas, Hubungan Sosial Keagamaan, Masyarakat Beragama
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 15:22
Last Modified: 19 Jan 2017 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum