PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KAYEN DEPOK SLEMAN

Endi Sarwanto, NIM. 11480072 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KAYEN DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KAYEN DEPOK SLEMAN)
11480072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA GELAS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH KAYEN DEPOK SLEMAN)
11480072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ENDI SARWANTO. Penggunaan Media Gelas Bilangan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada mata pelajaran matematika siswa kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok Sleman dengan menggunakan media gelas bilangan. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar matematika siswa dan belum adanya media untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I. Proses pembelajaran matematika kelas I masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Muhammadiyah Kayen Depok yang terdiri dari 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa mencapai 75% atau 26 siswa dari 34 siswa kelas I telah tuntas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran matematika. KKM mata pelajaran matematika adalah 71. Hasil penelitian pembelajaran matematika dengan menggunakan media gelas bilangan pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif adalah 69,71 dengan kriteria “kurang” dan ketuntasan belajar 61,76% atau 21 siswa tuntas. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif matematika adalah 81,47 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan belajar 79,41% atau 27 siswa tuntas. Kata Kunci: Penggunaan Media Gelas Bilangan, Hasil Belajar Kognitif, dan Pembelajaran Matematika,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Gelas Bilangan, Hasil Belajar Kognitif, dan Pembelajaran Matematika,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jan 2017 08:52
Last Modified: 19 Jan 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23634

Actions (login required)

View Item View Item