UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Hairul Rahman - NIM. 0442 0920, (2009) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta dalam belajar bahasa Arab. Idealnya dalam belajar bahasa Arab semestinya siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik itu motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik sehingga proses belajar mengajar bahasa Arab dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta, upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa Arab untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Sedangkan jenis penelitian yang dipakai adalah lapangan. Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab, kepala sekolah dan staf karyawan di SMP Muhammadiyah 7. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dukumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif persentase. Untuk menguji keabsahan data digunakan adalah trianggulasi data. Trianggulasi data adalah memeriksa kebenaran hipotesis, konstruk, atau analisis dengan membandingkannya dengan orang lain. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab. Kedua faktor tersebut adalah faktor internal yang meliputi: sikap siswa, minat siswa, intelegensi siswa dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam dalam menumbuhkan motivasi belajar adalah memberi tugas kepada siswa baik dirumah maupun disekolah, memberi motivasi kepada siswa, dan memberi nasehat kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 12:07
Last Modified: 03 Apr 2017 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item