PENAFSIRAN SYAIKH YUSUF ATAS AYAT-AYAT AL-QUR'AN (Kajian atas Kitab Tajul Asrar fi Tahqiqi Masyrabil Arifina min Ahlillstibshar)

JAUHAR HATTA, - (2012) PENAFSIRAN SYAIKH YUSUF ATAS AYAT-AYAT AL-QUR'AN (Kajian atas Kitab Tajul Asrar fi Tahqiqi Masyrabil Arifina min Ahlillstibshar). In: Diskusi Imiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Tahun Ke -32, Bulan Januari 2012 S.D. Juni 2012, Sekertariat Diskusi Malam Sabtu UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN SYAIKH YUSUF ATAS AYAT-AYAT AL-QUR'AN (Kajian atas Kitab Tajul Asrar fi Tahqiqi Masyrabil Arifina min Ahlillstibshar))
Penafsiran Syaikh Yusuf Atas Ayat-Ay.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Masuknya agama Islam ke Indonesia terdapat dua teori. Teori pertama menyebutkan bahwa Islam di Indonesia disebarkan oleh para pedagang muslim yang berasal dari anak benua India, tepatnya di Gujarat dan Malabar1 • Teori kedua menyebutkan bahwa masuknya Islam ke Nusantara dilakukan oleh para sufi2 • Dari kedua teori ini, nampak bahwa masuknya Islam ke Nusantara dilakukan secara damai, tanpa ada upaya pemaksaan oleh sebuah kekuasaan pemerintahan dari luar Nusantara. Hal ini bisa dimaklumi, karena baik para pedagang maupun para sufi samasama tidak memiliki budaya kekerasan atau anarchisme. Meski demikian, barangkala teori kedua lebih bisa diterima, karena realitas masyarakat muslim di Nusantara sangat lekat dengan kultur para sufi. Terlebih jika dilihat dari sisi amaliah madzhab Imam asy- Syafi'i (w. 204 H) yang menyebar di Indonesia, berarti sangat kecil kemungkinan bermula dari kawasan abak benua India yang kebanyakan tidak bermadzhab tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: PENAFSIRAN, AL-QUR'AN, Asrar fi Tahqiqi
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Makalah
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Jan 2017 15:34
Last Modified: 20 Jan 2017 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum