PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PENGAJIAN ANAK-ANAK NUR FARHAN PAPRINGAN – YOGYAKARTA

Herlinawati - NIM : 0141 0854, (2009) PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PENGAJIAN ANAK-ANAK NUR FARHAN PAPRINGAN – YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PENGAJIAN ANAK-ANAK NUR FARHAN PAPRINGAN – YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI DI PENGAJIAN ANAK-ANAK NUR FARHAN PAPRINGAN – YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di pengajian anak-anak Nur Farhan, Papringan Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh (gaya i parenting /i ) orang tua santri, strategi orang tua, dan kerjasama antar lembaga pengajian anak-anak Nur Farhan dalam membentuk kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang bersifat lapangan dengan mengambil sampel seluruh orang tua santri TPA pengajian anak-anak Nur Farhan. Metode pengeumpulan data dengan mengadakan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data tentang gaya i parenting /i dan strategi pembelajaran emosi, penulis menggunakan angket. Untuk mendapatkan data kerjasama orang tua santri pengajian anak-anak dengan wawancara, letak geografis pergedungan dengan observasi dan sarana prasarana, struktur organisasi, keadaan Ustadz/Ustadzah, santri dan lain-lain menggunakan metode dokumentasi. Pola asuh orang tua pengajian anak-anak Nur Farhan terbagi menjadi empat gaya i parenting /i yakni orang tua acuh (6,56%), orang tua pencela (21,31%), orang tua i laise faire /i (8,20%) dan orang tua guru emosi (63,93%). Strategi yang digunakan orang tua pengajian anak-anak Nur Farhan dalam membentuk kecerdasan emosional santri meliputi : menyadari emosi anak yang menganggap emosi anak sebagai sebuah kesempatan untuk akrab dan mendidik, membantu anak untuk menyebutkan emosi anak secara verbal, menghindari kritik berlebihan atau komentar menghina dan mentertawakan, memberikan pujian terhadap anak, memberikan pilihan dan menghormati keinginan anak, jujur pada anak, membaca buku bersama anak dan mendidik dengan sabar. Dalam membentuk kecerdasan emosional, orang tua perlu bekerja sama dengan pengurus pengajian anak-anak Nur Farhan. Bentuk kerjasamannya meliputi kegiatan-kegiatan yang menggugah emosional anak dan kegiatan-kegiatan emosional antara Ustadz/Ustadzah dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Susilaningsih
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:49
Last Modified: 13 Aug 2012 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item