PENGGUNAAN REPLIKA “TABLET” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SHORT MESSAGE DAN INVITATION SISWA KELAS VIII.C MTS NEGERI PUNDONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Purwanto, Joko (2016) PENGGUNAAN REPLIKA “TABLET” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SHORT MESSAGE DAN INVITATION SISWA KELAS VIII.C MTS NEGERI PUNDONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. In: PROCEEDING OF CONSORTIUM OF LINGUISTICS AND LITERATURE Contemporary Issues in English Linguistics, Literature, and Education. Prosiding, Vol. 1 (No. 1). Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Yogyakarta, pp. 210-228. ISBN 978-979-8548-08-6

[img]
Preview
Image (PENGGUNAAN REPLIKA “TABLET” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SHORT MESSAGE DAN INVITATION SISWA KELAS VIII.C MTS NEGERI PUNDONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015)
Cover s.d. Daftar Isi.pdf - Cover Image

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN REPLIKA “TABLET” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SHORT MESSAGE DAN INVITATION SISWA KELAS VIII.C MTS NEGERI PUNDONG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015)
29_Joko P - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview

Abstract

Writing atau menulis merupakan salah satu kemampuan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa SMP/MTs karena merupakan salah satu standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Inggris yang tertuang dalam silabus kelas 7, 8, dan 9. Untuk dapat naik satu tingkat lebih tinggi, siswa harus telah menguasai standar kompetensi yang telah ditentukan dari 10 mata pelajaran termasuk menulis untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, penguasaan kemampuan menulis juga merupakan suatu keharusan bagi siswa SMP/MTs kelas 9 yang ingin lulus atau naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMA/MA/SMK (lihat Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang standar kelulusan). Penulis menghadapi dua masalah yaitu rendahnya motivasi belajar bahasa Inggris dan rendahnya kemampuan menulis siswa kelas 8.C MTs Negeri (MTsN) Pundong Bantul di Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Hal ini berdasarkan sikap dan perhatian siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dan sangat minimnya siswa yang mencapai nilai minimal 70 pada ujian tengah semester genap. Penulis segera berusaha memecahkan kedua masalah tersebut dengan mengadakan sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan sebuah media belajar buatan sendiri yang kreatif, inovatif, efisien, dan efektif bernama Replika “Tablet” dalam proses pembelajaran. Setelah media belajar Replika “Tablet” diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas, hasil pengamatan sikap siswa oleh pengamat di siklus 1 dan 2 menunjukkan sangat tingginya tingkat motivasi belajar siswa di kelas yaitu sebesar 100 % di siklus 1 dan 2. Hasil angket pendapat siswa tentang media Replika “Tablet” menunjukkan bahwa sebanyak 70,97 % siswa setuju terhadap 5 pernyataan positif tentang media Replika “Tablet”. Hasil ujian praktek menulis menunjukkan peningkatan nilai rata – rata kelas dan jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 70. Nilai rata – rata satu kelas di pra – siklus sebesar 41,13, di siklus 1 sebesar 75,16, dan di siklus 2 sebesar 75,94. Jumlah siswa mencapai nilai minimal 70 di pra – siklus sebesar 1 siswa (3,23), di siklus 1 sebesar 22 siswa (70,97), dan di siklus 2 sebesar 23 siswa (74,19). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media belajar Replika “Tablet” dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Inggris dan kemampuan menulis Short Message dan Invitation siswa kelas 8.C MTsN Pundong Bantul Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Kata Kunci: replika “tablet”, media kreatif, inovatif, efisien dan efektif, motivasi belajar, kemampuan menulis.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: replika “tablet”, media kreatif, inovatif, efisien dan efektif, motivasi belajar, kemampuan menulis.
Subjects: Sastra Inggris
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2017 13:30
Last Modified: 23 Jan 2017 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum