DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

Nurhayati, NIM: 1420410221 (2016) DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
1420410221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS GURU BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS ISLAM UNTUK SISWA BROKEN HOME DI SMKK AMANAH HUSADA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
1420410221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (725kB)

Abstract

Guru BK merupakan makhluk sosial yang tak luput dari permasalah pribadi yang dihadapinya. Kepribadian guru BK merupakan hal yang sangat penting dalam konseling. Guru BK haruslah seorang yang bersifat dewasa, ramah, dapat berempati, peduli terhadap kepentingan orang lain, serta tidak mudah marah karena konseli yang dihadapinya datang dengan berbagai macam sifatnya masingmassing. Guru BK dituntut untuk memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik dibandingkan dengan konselinya. Karena dalam layanan bimbingan dan konseling itu sendiri, yang dilayani adalah siswa dengan berbagai macam permasalahannnya. Kesehatan psikologis guru BK yang baik sangat berguna dalam hubungan konseling. Seorang guru BK yang kurang sehat psikisnya, kemungkinan besar dia akan teracuni atau terkontaminasi oleh kebutuhankebutuhannya sendiri, persepsi yang subjektif, nilai-nilai yang keliru, dan kebingungan. Penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya atau natural setting. Penelitian di lakukan di SMKK Amanah Husada Banguntapan Yogyakarta dengan teknik pengumpul data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika psikologis guru BK dalam layanan bimbingan konseling berbasis islam untuk siswa broken Home. Sasaran utama dalam mengumpulkan data adalah guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan menggambarkan dinamika psikologis guru BK dalam memberikan layanan bimbingan konseling berbasiis islam untuk siswa broken home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian memiliki dinamika psikologis yang berbeda-beda dengan aspek psikologis yang sama yaitu kognisi, emosi, dan motivasi dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Perbedaan dinamika psikologis ini dikarenakan faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu latar belakang pendidikan, latar belakang keluarga, serta lama waktu menjadi tenaga pendidik pada lingkungan sekolah yang ditempati subjek. Faktor eksternal sangat mempengaruhi dinamika psikologis subjek sehingga hal ini juga mempengaruhi dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk siswa broken home. Kata Kunci: Dinamika Psikologis Guru BK, Layanan Bimbingan Konseling

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Casmini, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Dinamika Psikologis Guru BK, Layanan Bimbingan Konseling
Subjects: Psikologi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:38
Last Modified: 25 Jan 2017 01:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item