DESAIN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Studi Komparatif Antara PBA Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan PBA Universitas Negeri Semarang)

MAFAKHIR, NIM: 1420411026 (2016) DESAIN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Studi Komparatif Antara PBA Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan PBA Universitas Negeri Semarang). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DESAIN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Studi Komparatif Antara PBA Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan PBA Universitas Negeri Semarang))
1420411026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (DESAIN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PERGURUAN TINGGI (Studi Komparatif Antara PBA Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan PBA Universitas Negeri Semarang))
1420411026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Program Studi PBA UIN Walisongo Semarang dan Program Studi PBA UNNES Semarang. Karena kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Program Studi PBA sangat luas pembahasanya, maka penelitian difokuskan pada ketrampilan mendengar dan berbicara. Tujuan umum diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan persamaan desain kurikulum pembelajaran bahasa Arab khususnya pada pembelajaran ketrampilan mendengar dan berbicara di Program Studi PBA UIN Walisongo Semarang dan UNNES. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain kurikulum, tujuan, materi perkuliahan, metode pembelajaran, media yang digunakan, sistim evaluasi pembelajaran bahasa Arab di Program Studi PBA UIN Walisongo Semarang dan Program Studi PBA UNNES Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang tentang Desain Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi, dalam hal ini peneliti mengkomparasikan/ membandingkan pelaksanaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di kedua lembaga tersebut. Dan peneliti lebih memfokuskan penelitian kedalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang erat kaitanya dengan keterampilan menyimak dan ketrampilan berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek desain kurikulum dan pembelajaran bahasa Arab di prodi PBA UIN Walisongo dan PBA UNNES secara umum berlangsung dengan kategori baik seperti ketersediaan kurikulum, silabus dan RPS, kesesuaian silabus dan RPS dengan kurikulum, ketersediaan, ketercakupan dan relevansi buku teks bahasa Arab, ketersediaan, ketercakupan dan relevansi bahan ajar rancangan dosen, suasana dan situasi pembelajaran, subtansi kebahasaan (keterampilan bahasa dan komponen bahasa), konsep materi dan kosa-kata yang diajarkan, instruksi dan strategi yang diterapkan dosen pengampu, aktivitas pendukung pembelajaran, jenis metode yang diterapkan dalam pembelajaran, jenis media yang digunakan dan jenis-jenis tes yang diterapkan. Meskipun dari unsur-unsur tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh kedua univesitas, tetapi dalam pelaksanannya kedua perguruan tinggi tersebut memiliki karakteristik dan cirri khas masing-masing. Melihat dari Desain Kurikulum di kedua perguruan tinggi tersebut, Desain Kurikulum di PBA UNNES cendurung disiapkan untuk para mahasiswa yang berasal dari kalangan Umum (Non Pesantren) dan desain kurikulum PBA UIN Walisongo semarang cendurung disiapkan untuk alumni dari pondok pesantren. Kurikulum yang diterapkan oleh kedua perguruan tinggi tersebut dalam hal ini UIN Walisongo Semarang dan Universitas Negeri Semarang adalah Kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI. Tetapi dalam pelaksanaanya Universitas Negeri Semarang lebih dahulu menjalankan kurikulum yang mengacu pada KKNI, yaitu pada tahun 2014/2015, sedangkan UIN Walisongo, mulai tahun 2015/2016. Sehingga kedua perguruan tinggi ini harus saling melengkapi untuk menyempurnakan kekurangannya masing-masing. Kata kunci: implementasi, kurikulum, pembelajaran, bahasa arab, perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Radjasa Mu’tashim, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: implementasi, kurikulum, pembelajaran, bahasa arab, perguruan tinggi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:54
Last Modified: 25 Jan 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum