PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Imam Nur Faozi, NIM: 1420411036 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA)
1420411036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA)
1420411036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Imam Nur Faozi, Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga. Tesis. Yoyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2016 Kepala madrasah merupakan pemimpin yang berfungsi sebagai supervisor. Sebagai supervisor kepala madrasah mempunyai tugas memberikan layanan dan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di kelas yang pada gilirannya untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, dengan kata lain, supervisi merupakan bantuan yang diberikan supervisor kepada guru (bawahan), agar mereka mengalami pertumbuhan secara maksimal dan integral baik profesi maupun pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang peranan kepala madrasah sebagai supervisor di MI Istiqomah Sambas Purbalingga meliputi bagaimana model dan teknik yang digunakan kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi di MI Istiqomah Sambas Purbalingga, serta bagaimana upaya kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Sumber data meliputi kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang akademik, wakil kepala bidang administrasi dan guru kelas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, peranan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi: peningkatan penguasaan bahan ajar kepada para pendidik, peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran dan komitmen menjalankan tuga, untuk model supervisi yang digunakan kepala madrasah yaitu: model supervisi klinis, supervisi demokratis, dan supervisi akademik, sedangkan untuk teknik supervisi yang dilaksanakan meliputi: tenik kunjungan kelas, teknik pertemuan pribadi dan teknik rapat rutin guru. Kedua, upaya yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah: membangun komunikasi dan interaksi, pengembangan sarana prasarana, kedisiplinan, evaluasi pembelajaran, pendayagunaan sumber pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, pengelolaan kelas, perencanaan program, reward dan punishmen bagi guru. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Supervisi Pendidikan, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah, Supervisi Pendidikan, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:49
Last Modified: 26 Jan 2017 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23725

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum