PENGARUH SHARING EXPERIENCES PENYANDANG CEREBRAL PALSY TERHADAP RESILIENSI ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY YANG TERHIMPUN DALAM GROUP FACEBOOK ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY

Safrina Rovasita, NIM: 1420411037 (2016) PENGARUH SHARING EXPERIENCES PENYANDANG CEREBRAL PALSY TERHADAP RESILIENSI ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY YANG TERHIMPUN DALAM GROUP FACEBOOK ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SHARING EXPERIENCES PENYANDANG CEREBRAL PALSY TERHADAP RESILIENSI ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY YANG TERHIMPUN DALAM GROUP FACEBOOK ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY)
1420411037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SHARING EXPERIENCES PENYANDANG CEREBRAL PALSY TERHADAP RESILIENSI ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY YANG TERHIMPUN DALAM GROUP FACEBOOK ORANGTUA ANAK CEREBRAL PALSY)
1420411037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Cerebral Palsy merupakan kelainan syaraf motorik yang ada di otak. Kelainan ini terjadi pada masa pertumbuhan baik sebelum lahir, saat lahir, maupun setelah lahir. Orangtua yang mendapati anaknya tervonis sebagai anak Cerebral Palsy, mengalami kedukaan mendalam yang mengakibatkan ketidakpercayaandiri, dan putus asa. Ketidakpercayaandiri dan putus asa tidak akan terjadi, apabila orangtua anak Cerebral Palsy memiliki resiensi yang baik. Tidak semua orangtua memiliki resiliensi yang baik, oleh karena itu, orangtua mengikuti sharing experiences penyandang Cerebral Palsy melalui group facebook orangtua anak Cerebral Palsy. Dengan demikian, pertanyaan yang ada adalah adakah pengaruh sharing experiences penyandang Cerebral Palsy terhadap resiliensi orangtua anak Cerebral Palsy yang terhimpun dalam group facebook orangtua anak Cerebral Palsy? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sharing experiences Cerebral Palsy terhadap resiliensi orangtua yang terhimpun dalam group jejaring sosial fecebook orangtua anak Cerebral Palsy. Dengan mengetahui pengaruh sharing experiences Cerebral Palsy terhadap resiliensi orangtua, dapat menambah teknik-teknik konseling keluarga yang memiliki anak Cerebral Palsy. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan strategi eksplanatory sekuensial. Teknik pengumpulan data kuantitatif melalui angket yang berisi skala resiliensi CD-RiSC dan skala respon sharing experiences, dengan jumlah responden sebanyak 58 orang yang sedang online di facebook. Dari pengujian regresi didapatkan hasil R:0,226 P<0,05. Hal itu menunjukkan bahwa ada pengaruh sharing experiences penyandang Cerebral Palsy terhadap resiliensi orangtua anak Cerebtal Palsy sebesar 22,6%. Dari hasil tersebut kemudian, dilanjutkan dengan penelitian kualitatif dengan teknik purposive dalam pengambilan data, yaitu memilih partisipan dengan pertimbangan tertentu. Dengn teknik tersebut, didapatkan empat partisipan untuk diwawancarai secara mendalam. Hal tersebut bertujuan untuk memperdalam atau mempertajam bahwa sharing experiences berpengaruh terhadap resiliensi orangtua anak Cerebtal Palsy, yang ditunjukkan dengan adanya kemampuan memahami situasi, kemandirian, inisiatif, kreativitas, dan humor pada orangtua anak Cerebral Palsy setelah mengikuti sharing experiences penyandang Cerebral Palsy. Kata Kunci : sharing experiences, penyandang Cerebral Palsy, dan resiliensi orangtua anak Cerebral Palsy.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Saa’dah, M.Si.Psi
Uncontrolled Keywords: sharing experiences, penyandang Cerebral Palsy, dan resiliensi orangtua anak Cerebral Palsy.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jan 2017 09:06
Last Modified: 26 Jan 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum