OPTIMASI DESAIN PERISAI RADIASI UNTUK PERSYARATAN KESELAMATAN PEKERJA PADA DESAIN BNCT DENGAN SUMBER SIKLOTRON 30 MEV

NUR ENDAH SARI, NIM. 12620044 (2016) OPTIMASI DESAIN PERISAI RADIASI UNTUK PERSYARATAN KESELAMATAN PEKERJA PADA DESAIN BNCT DENGAN SUMBER SIKLOTRON 30 MEV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI DESAIN PERISAI RADIASI UNTUK PERSYARATAN KESELAMATAN PEKERJA PADA DESAIN BNCT DENGAN SUMBER SIKLOTRON 30 MEV)
12620044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI DESAIN PERISAI RADIASI UNTUK PERSYARATAN KESELAMATAN PEKERJA PADA DESAIN BNCT DENGAN SUMBER SIKLOTRON 30 MEV)
12620044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Telah dibuat sebuah model perisai radiasi untuk ruang terapi Boron Neutron Capture Therapy (BNCT). BNCT adalah metode baru dalam teknologi nuklir yang menggabungkan antara kemoterapi dan radioterapi. Terapi yang menggunakan radiasi pengion harus memperhatikan keselamatan pasien, pekerja radiasi dan lingkungan. Tujuan dari pembuatan desain perisai radiasi adalah agar pekerja radiasi terjamin keselamatannya selama bekerja sehingga tujuan proteksi radiasi dapat tercapai. Pemodelan perisai radiasi menggunakan software Monte Carlo N-Particle eXtended (MCNPX). Perhitungan laju dosis ekuivalen menggunakan gabungan metode simulasi dan analitik teoritik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tiga desain yang dibuat, dua buah desain telah memenuhi persyaratan keselamatan pekerja sesuai Perka Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) No. 4 Tahun 2013 dengan nilai laju dosis ekuivalen kurang dari 10 μSv/jam. Meskipun, satu desain lainnya gagal memenuhi. Desain perisai radiasi yang optimal diperoleh dari penggunaaan material parafin dengan ketebalan 91,5 cm pada lapisan pertama dan beton barit dengan ketebalan 122 cm pada lapisan kedua serta dilengkapi dengan pintu geser dengan ketebalan 189 cm yang terdiri dari material beton barit setebal 185 cm yang seluruh permukaan luarnya dilapisi stainless steel setebal 2 cm dengan nilai laju dosis ekuivalen maksimum sebesar 3,59 μSv/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ir. Andang Widi Harto, M.T
Uncontrolled Keywords: BNCT, Dosis Ekuivalen, MCNPX, Perisai Radiasi, Proteksi Radiasi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 26 Jan 2017 12:59
Last Modified: 26 Jan 2017 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum