PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF SIBERNETIK DI KELAS X SMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Alawiyah Taj’ul Alam, NIM: 1420411039 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF SIBERNETIK DI KELAS X SMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF SIBERNETIK DI KELAS X SMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
1420411039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF SIBERNETIK DI KELAS X SMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
1420411039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan pengamatan secara terus menerus, melakukan wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik “triangulasi” yang tidak hanya dilakukan untuk mengecek kebenaran data, tetapi juga dilakukan untuk memperkaya data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses pembelajaran bahasa Arab di Kelas X SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dan mendeskripsikan upaya guru bahasa Arab dalam menjadikan informasi (materi pembelajaran) yang tersandi pada Short Term Memory siswa berpindah dan tersimpan pada Long Term Memory siswa dengan baik. Sibernetik merupakan teori pembelajaran yang menekankan pada pemerosesan informasi yang terjadi pada memori, sehingga tidak dapat terpisah dari short term memory (STM) dan long term memory (LTM), karena keduanya merupakan komponen pemerosesan informasi di dalam memori. Terdapat 3 proses yang terjadi antara STM dan LTM yaitu: penyandian, pengyimpanan dan pemanggilan kembali informasi dari memori. Hasil dari penelitian ini adalah: proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup mencakup seluruh kompunen pembelajaran yaitu: tujuan, metode, materi, media, guru dan evaluasi. Sedangkan upaya guru bahasa Arab dalam menjadikan informasi yang tersandi pada Short Term Memory siswa berpindah dan tersimpan pada Long Term Memory siswa dengan baik, tergambar pada kegiatan inti di dalam proses pembelajaran bahasa Arab yaitu: kegiatan eksplorasi dapat diartikan sebagai upaya guru dalam mempermudah proses penyandian di dalam memori siswa, kegiatan elaborasi adalah upaya guru dalam membantu siswa pada proses penyimpanan, dan kegiatan konfirmasi adalah upaya guru membantu siswa untuk proses pemanggilan kembali informasi dari dalam memori. Kata kunci : pembeljaran bahasa Arab, sibernetik/pemerosesan sistem informasi (materi pembelajaran), Short Term Memory (STM/Memori Jangka Pendek), Long Term Memory (LTM/memori jangka panjang), Encoding/Coding (pengkodean atau penyandian), storage (penyimpanan), dan Retrieval (pemanggilan kembali informasi dari memori).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A
Uncontrolled Keywords: pembeljaran bahasa Arab, sibernetik/pemerosesan sistem informasi (materi pembelajaran), Short Term Memory (STM/Memori Jangka Pendek), Long Term Memory (LTM/memori jangka panjang), Encoding/Coding (pengkodean atau penyandian), storage (penyimpanan), dan Retrieval (pemanggilan kembali informasi dari memori).
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Feb 2017 07:54
Last Modified: 01 Feb 2017 07:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23739

Actions (login required)

View Item View Item