KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH GUNUNGKIDUL

Ika Widi Astuti - NIM. 0241 1294, (2009) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kompetensi profesional guru PAI MAA Gunungkidul serta upaya-upaya dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI-nya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi profesional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Al-Hikmah Gunungkidul. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Guru PAI Madrasah Aliyah Al-Hikmah sudah memiliki kemampuan dalam penguasaan materi dan pengemabangan materi. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hal ini didasarkan pada beberapa hal, antara lain : kemampuan dalam menyampaikan materi dan penguasaan materi guru PAI telah menerapkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kurikulum Departemen Agama. Tetapi ada juga Guru PAI MAA GunungKidul yang penguasaan materi dan pengembangan materi bagus, tetapi tidak profesional dalam menjalankan tugasnya, hal ini terbukti dengan jarangnya salah satu guru ini masuk untuk melakukan proses belajar mengajar. (2) Untuk meningkatkan kompetensi profesional di MAA Gunungkidul dilakukan melalui upaya kepala madrasah, dan upaya guru secara personal. a) Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah adalah mengadakan FM2PG. Pelatihan/work shop, dengan memberikan kesempatan secara luas terhadap guru untuk mengaktualisasikan diri, melakukan kunjungan kelas, percakapan pribadi, penilaian sendiri, pemberian motivasi-motivasi, dan lain-lain. b) Usaha guru dalam meningkatkan kompetensi profesional masih sangat minim. Yaitu sebatas mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pihak yayasan Al-Hikmah dalam meningkatkan kompetensi guru, tetapi ada juga guru PAI yang mengikuti pelatihan/seminar, AMT dengan biaya sendiri, membaca buku-buku/ dari media massa, mengakses internet, dan belajar menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional, Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 21:08
Last Modified: 08 Aug 2012 21:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item