MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta)

Imas Masithoh - NIM. 04420872, (2009) MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE 33 (Studi Kasus Siswa Kelas I Wustho Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang melatarbelakangi diajarkannya Metode 33 dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Ali Maksum, untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab Metode 33, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat pembelajaran bahasa Arab Metode 33. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Diniyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, dan trianggulasi. Data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, wawancara, dan data hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan yang melatarbelakngi diajarkannya Metode 33 di Madrasah Diniyah Ali Maksum adalah karena relevan dengan kurikulum madrasah, serta Metode 33 lebih praktis dan sistematis. (2) Metode 33 merupakan temuan baru di bidang metodologi pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu upaya untuk lebih mempermudah dan mempercepat pembelajaran membaca kitab bagi pemula, metode pembelajarannya terlebih dahulu dikenalkan kosakata, kemudian penjelasan qawa’id, dan latihan membaca. (3) Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Arab Metode 33 adalah Adanya semangat guru yang tinggi dalam mengajar, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dalam proses belajar mengajar karena mengharuskan bagi setiap siswa untuk memiliki kitab, belajar bahasa Arab dengan Metode 33 memudahkan guru dalam mengajar karena materi pelajaran singkat tidak terlalu mendetail, sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan antara siswa yang satu dengan yang lain dalam menerima dan menguasai pelajaran berbeda, kurangnya kesadaran siswa untuk belajar terutama menghafal kosakata, serta jam pelajaran yang terbatas sehingga penyampaian materi kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Abdul Munif, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode 33, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 09 Aug 2012 21:20
Last Modified: 03 Apr 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum