NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW (KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS)

ROBINGUN, SPDI, MPD, NIM. 1130016027 (2016) NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW (KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW (KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS))
1130016027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM PENDIDIKAN RASULULLAH SAW (KAJIAN BERBASIS TAFSIR – HADIS))
1130016027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Robingun. Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan Rasulullah Saw: (Kajian Tafsir-Hadis). Disertasi Kependidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Rasulullah Saw merupakan seorang pendidik yang misinya rahmatan lil ‘ālamīn. Diperlukan kesadaran setiap Muslim untuk mengkontekstualisasikan pesan kerahmatan tersebut dalam interaksi sosialnya. Tanpa itu, ajaran Islam hanya akan menjadi pesan moral yang hampa. Dengan demikian, diperlukan kampanye besar-besaran serta upaya-upaya strategis dan proaktif agar warisan Nabi tersebut senantiasa hidup dan hadir di dalam hati, perkataan dan perbuatan setiap manusia, sehingga menampilkan ajaran Islam yang akan membawa kerahmatan global, berkontribusi signifikan bagi kemanusiaan. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap nilai-nilai kemanusiaan dalam pendidikan Rasulullah. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian kualitatif dalam bentuk library research, dengan pendekatan teorits-filosofis dan Induktif-hermeneutis. Sumber data primer meliputi tafsir al-Qur’an dan hadishadis terkait, dan sumber sekunder dari sirah nabawiyyah serta pendidikan Rasulullah. Teknik analisis data berbentuk rubrikasi dan uraian materi, dengan metode analisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (Miles dan Hubermen). Bertumpu pada kerangka teori dan pendekatan metodologis yang digunakan, ditemukan fakta, bahwa pendidikan Rasulullah merupakan tonggak konsep pendidikan nondikotomik, dengan prinsip tauhid sebagai bangunan universal dan berazaskan wahyu. Di dalamnya mewujud nilai-nilai pendidikan yang selalu otentik kapan pun dan di mana pun, yakni: nilai persamaan, solidaritas, keadilan, kebajikan dan kepribadian utuh. Rasulullah dibekali kepemimpinan kenabian sebagai penguatan bagi implementasi nilai-nilai tersebut, dimana otentisitasnya bisa dilihat dari sudut demografi, kualitas individual, mukjizat, doktrin ma’ṣ um dan perspektif orientalis. Nilai-nilai tersebut ternyata melampaui kesetaraan gender, HAM, pendidikan multikultural serta etika global framework Barat. Kepribadian utuh merupakan terapi mujarab atas split personality. Nilai-nilai tersebut juga bisa menjawab persoalan lesbian, gay, biseksual dan transgender. Melalui analisis teoritis, penelitian akhirnya menawarkan: (1) nilai-nilai kemanusiaan dalam pendidikan Rasulullah sebagai teori pendidikan: sarana pencerahan dan penyadaran masyarakat dari efek semakin jauhnya mereka dengan spiritual, sehingga muncul sikap kekerdilan diri dan ketidakmenentuan. Nilai-nilai tersebut berkontribusi menghasilkan nilai-balik positif bagi manusia, yakni hidup bermakna untuk dirinya maupun lingkungannya; (2) Humanisme Rasulullah sebagai teori pendidikan. Argumentasinya, humanisme dalam Islam adalah theocentic humanism, yang pijakannya al-Qur’an dan hadis. Dua sumber tersebut yang membawa Rasulullah, maka klaim bahwa beliau adalah pioneer humanisme dalam Islam menjadi tak terbantahkan. Dua teori ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan Islam. Inilah salah satu bentuk alternatif model nilainilai kemanusiaan berbasis tafsir-hadis sebagai konstruksi keilmuan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag, dan Dr. H. Maksudin, M.
Uncontrolled Keywords: Nilai Kemanusiaan, Pendidikan Rasulullah, Tafsir-Hadis.
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Feb 2017 03:08
Last Modified: 01 Feb 2017 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item