STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA ANTARA BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDAN ARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

IZZATUL MUNA - NIM. 03420273, (2009) STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA ANTARA BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDAN ARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA ANTARA BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDAN ARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img] Text (STUDI PERBANDINGAN PELAKSANAAN PENGAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA ANTARA BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDAN ARAN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perbandingan pelaksanaan pengajaran keterampilan berbicara antara bahasa Arab dan bahasa Inggris yang dalam penelitian ini di fokuskan pada bidang studi Muhadatsah dan Conversation yang mencakup aspek-aspek: Tujuan, metode, materi, media dan evaluasi pembelajaran agar dapat dilakukan pembenahan serta penyempurnaan sebagai upaya peningkatan kualitas pengajaran bahasa asing di tingkat sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan dan para praktisi di bidang pengajaran bahasa asing . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di Madrasah Aliyah Sunan Pandan Aran dusun Candi Sardonoharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analitik yaitu metode untuk mengumpulkan data dan menyusun data yang berkaitan dengan penelitian ini kemudian data tersebut dianalisis, diinterpretasikan atau ditafsirkan. Langkah-langkah yang digunakan dalam mengolah data adalah langkah deskriptif, interpretasi, komparasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa perbandingan pelaksanaan pengajaran keterampilan berbicara antara bahasa Arab dan bahasa Inggris yang dalam penelitian ini difokuskan pada didang studi Muhadatsah dan Conversation yang mencakup aspek-aspek: 1.Tujuan: Pada dasarnya pembelajaran bidang studi Muhadatsah dan Conversation mempunyai tujuan yang sama yakni untuk mengembangkan keterampilan bebicara. 2.Materi: Dari sisi materinya pembelajaran Muhadatsah bersifat tekstual atau mengacu pada teks bacaan sehingga tetap memperhatikan kaidah-kaidah gramatika dan memakai pola-pola kalimat yang lebih kompleks. Sedangkan dalam bidang studi Conversation lebih diarahkan agar siswa mampu mengungkapkan ide dan gagasannya secara bebas tanpa terpaku pada teks bacaan dan struktur gramatika yang ketat. Pola-pola kalimat yang digunakan berprinsip pada daily actifity and basic structure. 3.Metode: Dalam pembelajaran Muhadatsah guru lebih dominan menggunakan metode ceramah, hafalan dan tanya jawab sehingga pembelajaran lebih bersifat teacher centris. Sedangkan dalam pembelajaran Conversation guru menggunakan metode yang bervariasi seperti permainan, diskusi, debat dan tanya jawab yang mampu mengaktifkan siswa sehingga pembelajarannya lebih bersifat student centris. 4.Media: Dalam pembelajaran Muhadatsah guru menggunakan media yang ada seperti, buku pegangan, papan tulis, kapur tulis dan belum menggunakan teknologi sebagai media pengajaran. Sedangkan dalam bidang studi Conversation guru sudah memanfaatkan tekonologi sebagai media pengajaran sperti CD, kaset, MP4 dan lain-lain. 5.Evaluasi: Evaluasi dalam pembelajaran Muhadatsah berupa tes formatif dan sumatif berdasarkan materi yang telah dipelajari. Sedangkan dalam bidang studi Conversation penilaian digabung dengan bidang studi bahasa Inggris. Guru hanya memberi latiahan-latihan tertulis dan listening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Zaenal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Bahasa Arab, Bahasa Inggris,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 11:52
Last Modified: 03 Apr 2017 03:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item