METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016

Siti Nurhalima, NIM. 1420411045 (2016) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016)
1420411045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA2016)
1420411045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Siti Nurhalima: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta, Tesis Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Pasca Sarjana Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang diperlukan. Penelitan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, yaitu pendekatan yang dilakukan dari sudut pandang ilmu pendidikan dengan analisis deskriptif. Dan untuk data sifatnya kualitatif, penulis menggunakan metode induktif yaitu suatu proses berfikir untuk memperoleh kesimpulan dari data khusus menuju kesimpulan umum, sehingga peneliti dapat mengolah dan menganalisis data-data yang ditemukan untuk mengetahui bagaimana me modifikasi metode pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan oleh guru, respon siswa terhadap modifikasi metode yang digunakan oleh guru, dan problemproblem yang terdapat dalam modifikasi metode pembelajaran bahasa Arab tersebut. Hasil penelitian menunjukan: 1). Metode Pembelajaran yang digunakan Pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode drill, metode dikte/ imla’, metode membaca, metode gramatika, metode audiolingual. 2) Adapun pelaksanaan metode pembelajaran bahasa Arab melalui beberapa langkah yaitu, pertama, kurikulum, dimana kurikulum ini meliputi tujuan pembelajaran bahasa Arab, sumber pelajaran bahasa Arab, materi pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran bahasa Arab, evaluasi pembelajaran bahasa Arab, kedua, sistem pembelajaran bahasa Arab, dan ketiga, kegiatan belajar mengajar disinilah implementasi metode pembelajaran bahasa Arab diterapkan melalui maharah-,aharah bahasa Arab sepertim Istima’, Kalam, Kitabah, dan Qiro’ah. 3) Problem-problem metode yang terjadi pada pembelajaran bahasa Arab yaitu: problem linguistik, problem metodologis, problem non linguistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. H. Rajasa Mu’tasyim,M.Si
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Yaketunis
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:39
Last Modified: 02 Feb 2017 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum