MEMBANGUN KARAKTER SANTRI MELALUI OSIQ (ORGANISASI SANTRI IBNUL QOYYIM) DI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA

ANIS FATIHA, NIM. 1420411057 (2016) MEMBANGUN KARAKTER SANTRI MELALUI OSIQ (ORGANISASI SANTRI IBNUL QOYYIM) DI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MEMBANGUN KARAKTER SANTRI MELALUI OSIQ (ORGANISASI SANTRI IBNUL QOYYIM) DI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
1420411057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEMBANGUN KARAKTER SANTRI MELALUI OSIQ (ORGANISASI SANTRI IBNUL QOYYIM) DI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
1420411057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ANIS FATIHA, S.Ag. Membangun Karakter Santri Melalui OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim) di KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian tentang membangun karakter santri melalui OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim) di KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta, dilatarbelakangi oleh organisasi siswa di madrasah pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra berbeda dengan madrasah pada umumnya yaitu sistem KMI yang dipakai serta wajib berasrama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan membangun karakter santri melalui OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim) di KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif yang berusaha mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari lapangan maupun literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Fokus penelitian ini adalah OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim) di KMI pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Untuk mendapatkan data digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keseluruhan data dianalisis dengan tahapan: mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu: pertama, konsep membangun karakter di KMI pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta adalah dengan pendidikan akhlak, menjadikan Al-Qur‟an sebagai pedoman hidup, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, implementasi membangun karakter melalui organisasi santri di KMI pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta melalui kegiatan ekstrakurikuler dan strategi membangun karakter. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada dalam program kerja OSIQ antara lain: olah raga, sepak bola, futsal, dan bola volley, seni bela diri/tapak suci, pramuka, muhadharoh / latihan pidato, PHBI, study bahasa, janur mahakam, qiro‟ah, dll. Strateginya adalah dengan keteladanan (suri tauladan), pembiasaan, nasehat, pengawasan, memberi pemahamann tentang hal-hal yang baik dan tidak baik, melakukan amal baik dan meninggalkan perbuatan jelek dan hukuman. Ketiga, faktor pendukung dalam membangun karakter santri di KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta melalui OSIQ (Organisasi Santri Ibnul Qoyyim) antara lain adalah: kemauan dan minat dari siswa sendiri ketika masuk pondok pesantren Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta, guru dan karyawan yang sebagian besar terdiri dari alumi dan basic-nya adalah pesantren, peran orang tua, dan program kerja yang ada di OSIQ menjadikan santri dapat membangun karakternya. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: SDM pengurus OSIQ yang memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda, kurangnya komunikasi yang baik, belum ada kekompakan setiap bagian, kesibukan para assatidz, dan belum terlaksananya evaluasi dan perbaikan secara rutin. Kata Kunci: konsep dasar karakter, membangun karakter, organisasi santri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konsep dasar karakter, membangun karakter, organisasi santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:52
Last Modified: 02 Feb 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum