PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI KELAS VIII MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PENDIDIKAN 2007/2008

KAMILUDIN - NIM. 05420016, (2009) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI KELAS VIII MADRASAH MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PENDIDIKAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PENDIDIKAN 2007/2008)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PENDIDIKAN 2007/2008)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Madrasah Muallimin Muhammadiyah adalah salah satu madrasah yang mewajibkan para siswanya tinggal di asrama. Dengan adanya asrama, seharusnya para siswa dapat berlatih atau sudah terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa arab. Namun pada kenyataannya sebagian besar mereka masih menggunakan bahasa daerah dan Indonesia sebagai alat komunikasi antar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran muhadatsah di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta dan problem-problem yang dihadapi dalam pembelajaran muhadatsah di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner(angket). Analisis data dilakukan dengan metode induktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan kurikulum KTSP. Sedangkan materi pelajaran diambil dari buku duruusu al-lughoh al-arobiyah dari gontor dan al-arobiyah li al-naasyiin. Tujuan pembelajarannya merealisasikan tujuan Pendidikan Nasional, juga mewujudkan tujuan pendidikan Muhammadiyah. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode driil, ceramah, diskusi, tanya jawab, game, rool play, menulis, praktik, membaca, imla, dan listening dengan CD. Diakhir pembelajaran selalu diadakan evaluasi, baik harian, tugas, mid semester maupun semesteran. (2) Problematika yang terjadi di Muallimin terdiri dari beberapa faktor antara lain dari faktor siswa yaitu latar belakang pendidikan, motivasi, perasaan siswa ketika mengikuti pelajaran, kesulitan ber-muhadatsah dan kurangnya mufrodat, perhatian siswa dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya adalah faktor guru antara lain, faktor pendidik, kemampuan guru menggunakan bahasa Arab, kejelasan penyampaian pembelajaran, persiapan guru sebelum pembelajaran. Disamping itu, ada faktor materi, faktor waktu, faktor fasilitas, dan faktor sosial atau lingkungan. Antara lain lingkungan asrama, sekolah, kelompok bermain, dan lingkungan masyarakat. Faktor yang terakhir adalah faktor psikologis siswa. (3) Upaya-upaya untuk mengatasi problem tersebut, dilakukan oleh beberapa pihak yaitu siswa, guru dan pihak madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Muhadtsah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 10:50
Last Modified: 03 Apr 2017 03:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item