MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Korelasional di MTs Mahad Islamy Kotagede)

LAILA SHOFIANA - NIM. 04420892, (2009) MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Korelasional di MTs Mahad Islamy Kotagede). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Korelasional di MTs Ma’had Islamy Kotagede))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Korelasional di MTs Ma’had Islamy Kotagede))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan serta mengkaji secara kritis mengenai minat dan kemampuan membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Mahad Islamy serta menganalisis data guna mengetahui ada atau tidaknya hubungan/korelasi antara keduanya. Hasil dari penelitian ini nantinya diharapkan bisa menggugah semangat siswa serta pihak sekolah untuk terus berusaha melakukan perbaikan- perbaikan dalam pendidikan dengan melihat kondisi psikologi siswa serta pelajaran yang ada. Hingga pada akhirnya bisa melahirkan para generasi yang cakap dan mempuni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil latar siswa kelas VIII MTs Mahad Islamy. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan observasi, angket, tes, interview dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif dan untuk data yang berupa angka dari hasil penghitungan Indek Korelasi Product Moment data kelompokan untuk kemudian disimpulkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perolehan rata-rata hitung minat siswa kelas VIII MTs Ma¢had Islamy adalah 69, yang mana setelah dirubah menjadi nilai, 56,25% dari skor maksimal yang dicapai siswa tergolong dalam kategori sedang, 2) kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma¢had Islamy memiliki rata-rata hitung sebesar 61,4, dengan presentase sebesar 50% dari nilai maksimal yang dicapai, termasuk dalam kategori cukup 3) hasil perhitungan rxy menunjukkan bahwa angka yang diperoleh sebesar 0,176, dimana setelah mengadakan penelusuran terhadap rtabel ternyata baik pada taraf signifikansi 5% (0,349) maupun pada taraf signifikansi 1% (0,449), rxy (0,176) lebih kecil dari keduanya. Hal ini berarti bahwa antara minat dan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa kelas VIII Machad Islamy tidak ada korelasi positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Nazri Syakur, M.A
Uncontrolled Keywords: Minat, Kemampuan, Membaca, Teks, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 20:54
Last Modified: 03 Apr 2017 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item