KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD PERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Nur Rohmah Intansari, NIM: 1420411143 (2016) KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD PERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD PERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta))
1420411143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD PERGURUAN TINGGI (Studi Evaluatif di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta))
1420411143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan masyarakat untuk mencari alternatif (kebijakan) baru yang dapat meningkatkan atau memperbaiki kebijakan yang sedang di implementasikan. ma’had ali merupakan salah satu lembaga dalam program bahasa Arab yang mengadopsi kurikulum dari timur tengah. Mahasiswa yang belajar disana, mengalami penurunna dari tiap kenaikan semesternya. Oleh karena itu, sebuah kebijakan tidak bisa dilepas begitu saja. Kebijakan harus diawasi sehingga dapat dinilai sejauh mana keefektifan kebijakan tersebut guna dipertanggungjawabkan kepada konstituennya. Sejauh mana tujuan dicapai. Salah satu mekanisme pengawasan tersebut disebut dengan “evaluasi kebijakan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui latar belakang perumusan kebijakan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib Putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 2) Mengetahui kebijakan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 3) Mengetahui hasil kebijakan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib putri Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Membantu merekomendasikan yang lebih bermutu, efisien, efektif dan bermakna bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat. penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed research). Dalam hal ini, Peneliti memilih metode kombinasi model concurrent embedded (Campuran Tidak Berimbang) karena data yang dominan berasal dari data kualitatif sedangkan untuk data kuantitatif lebih sedikit, karena hanya sebagai pelengkap keakuratan penelitian dan mengambil obyek penelitian di Ma’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kebijakan Ma’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta sesuai dengan teori kelembagaan bahwa formulasi kebijakan secara sederhana bermakna bahwa tugas membuat kebijakan adalah tugas pemerintah. Dalam hal ini yang menjadi lembaga utamanya ialah AMCF, dan ma’had tinggal menjalankan kebijakan yang sudah ada. 2) Kebijakan Ma’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta tidak bisa terlepas dari latar belakang tujuan apa yang diinginkan AMCF dalam kiprahnya di Indonesia ini untuk mewujudkan tujuannya yakni menghasilkan para akademisi dan praktisi dakwah yang memiliki kapasitas keilmuan dan keislaman, ahli dalam menggali dan mengembangkan nilai-nilai khasanah keislaman, terampil menerjemahkan dan berkomunikasi dalam bahasa Arab. 3) Hasil dari evaluasi model CIPP kebijakan Ma’had Ali Bin Abi Thalib universitas Muhammadiyah Yogyakarta kebijakan ma’had selama ini dilihat dari segi konteks 78,7 % yang berarti sudah baik. kondisi lingkungan sekolah, minat masyarakat terhadap pendidikan, partisipasi masyarakat dan orang tua saling mendukung dengan adanya pembelajaran bahasa Arab di ma’had ini. Input 76,5 % menunjukkan bahwa input dalam pembelajaran bahasa Arab ini sudah baik. Mulai dari visi, misi, tujuan, program ma’had, sumber daya sekolah yang ada di ma’had ini mendorong dan sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran bahasa Arab, sehingga berdampak positif pula. Proses 77 % menunjukkan bahwa proses dalam pembelajaran bahasa Arab ini sudah baik. pengambilan keputusan, proses pengelolaan lembaga, pengelolaan program, proses belajar mengajar, monitoring dan evaluasi, pengelolaan keuangan, kerjasama dan partisipasi, keterbukaan, akuntabilitas,kemandirian dan sustainabilitas semuanya berjalan dengan baik dan saling mendukung dalam pengelolaan ma’had sesuai tujuan yang diharapkan bersama. Produk 91, 5 % menunjukkan bahwa produk dalam pembelajaran bahasa Arab ini baik. ada 2 yaitu a. output berupa hasil-hasil bentuk perolehan peserta didik dalam bentuk prestasi akademik dan prestasi non akademik. b. outcomes berupa prestasi akademik lulusan dan prestasi non akademik lulusan. Keyword: kebijakan, pembelajaran bahasa Arab, ma’had perguruan tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Anis, MA.
Uncontrolled Keywords: kebijakan, pembelajaran bahasa Arab, ma’had perguruan tinggi
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:09
Last Modified: 06 Feb 2017 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum