KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANAK ASRAMA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

ZAHID, NIM: 1420411169 (2016) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANAK ASRAMA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANAK ASRAMA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1420411169_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PADA ANAK ASRAMA SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1420411169_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini banyak orang yang kurang yakin baik terhadap agama, nilai-nilai moral atau bahkan terhadap dirinya sendiri karena kepercayaan terhadap agama yang makin luntur, mereka beranggapan bahwa sudah tidak ada dasar lagi mengapa manusia harus menjadi idealis maupun spiritualis. Sebagai sikap atas keadaan yang terjadi seperti di atas, maka perlu adanya penanaman kembali dan peningkatan rasa ke-Tuhanan dalam hubungan emosional yang diperkuat dengan ikatan moral terhadap siapa saja. Untuk itu, perlu adanya sebuah konseling dalam mengatasi permasalahan tersebut. Disini peneliti menggunakan salah teori konseling, yaitu konseling Rational Emotive Behavior Terapy (REBT). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris efektifitas konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan kesadaran beragama anak asrama SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dengan melihat pengaruh konseling REBT dan perbedaan hasil kesadaran beragama. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dalam penelitian eksperimen, peneliti menggunakan desain penelitian one-group pretes-posttest design, yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa pembanding. Dimana peneliti memberikan pretest sebelum treatment atau perlakuan tindakan eksperimen dan posttest setelah dilakukan dengan menggunakan skala, dokumentasi, wawancara dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik “t” tes melalui “Paired Samples Correlation”. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh signifikan konseling REBT untuk meningkatkan kesadaran beragama anak asrama berdasarkan hasil analisis Uji Beda Mean yang menunjukan bahwa nilai rata-rata Post Test sesudah lebih besar dari pada sebelum ditreatment yaitu 85,450, sedangkan nilai rata-rata sebelum ditreatment adalah sebesar 78,900, dengan selisih rata-rata sebesar 6,550. Dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan paired sample test diperoleh t hitung sebesar 3,464, dengan df (Degrees of Freedom) sebesar 19 diperoleh harga kritik t atau ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,09 dan pada taraf signifikansi 1% ttabel diperoleh sebesar 2,86. Maka dapat dikemukakan bahwa to adalah lebih besar daripada ttabel; yaitu: to 3,464 > 2,86 > 2,09. Jadi konseling REBT efektif digunakan untuk meningkatkan kesadaran beragama anak asrama. Kata Kunci: Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy, Kesadaran Beragama, dan Eksperimen

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy, Kesadaran Beragama, dan Eksperimen
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Feb 2017 08:42
Last Modified: 06 Feb 2017 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23869

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum