PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME)

M. ROKIB - NIM. 01420787, (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Teori Konstruktivisme mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Arab terkait peran guru dan murid dalam interaksi pada proses pembelajaran dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menurut Teori Konstruktivisme. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan metode deduktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus, kemudian ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat umum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Teori Konstruktivisme memandang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memiliki kesesuaian terkait peran guru dan murid dalam proses pembelajaran. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan seorang guru diposisikan sebagai seorang fasilitator dan mitra bagi murid yang dituntut melakukan kreasi agar tercipta suasana belajar yang efektif. Sedangkan murid sebagai pusat pembelajaran ditekankan untuk lebih aktif dan didorong untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Hal ini sesuai dengan prinsip teori Konstruktivisme yang memposisikan guru sebagai seorang fasilitator yang bersifat quot;manusiawi quot; dan mampu mewujudkan pembelajaran efektif. Menurut teori Konstruktivisme murid adalah subyek pembelajaran yang mengkonstruksi pengetahuannya melalui pengalamannya sendiri. Pembelajaran bahasa Arab dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menurut teori Konstruktivisme lebih menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dengan mengkosntruksikan konsep-konsep bahasa Arab melaluinya pengalamannya sehingga terjadi asimilasi dan akomodasi, sedangkan peran guru adalah menjadi mediator dan fasilitator yang membantu agar proses belajar murid berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. H. A. Janan Asifuddin, M. A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Teori Konstruktivisme
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 10 Aug 2012 11:12
Last Modified: 03 Apr 2017 07:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item