PENGARUH END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN (SIMPUS) MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Suwardi, NIM: 1420011007 (2016) PENGARUH END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN (SIMPUS) MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN (SIMPUS) MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
1420011007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN (SIMPUS) MENGGUNAKAN KERANGKA PIECES DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
1420011007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Suwardi, 14.20011.007, Pengaruh End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPUS) Menggunakan Kerangka PIECES di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan penggguna akhir komputer, untuk mengetahui penilaian pengguna terhadap pengembangan sistem informasi manajemen perpustakaan serta pengaruh end user computing satisfaction (EUCS) terhadap pengembangan sistem informasi manajemen perpustakaan (SIMPUS) menggunakan kerangka PIECES di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Pada penelitian ini terdapat satu variabel bebas (X) yaitu end user computing satisfaction dan satu variabel terikat (Y) yaitu pengembangan sistem informasi manajemen perpustakaan menggunakan kerangka PIECES. Penelitian dilakukan pada perpustakaan di lingkungan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bulan April-Juni 2016. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, terdiri dari 22 butir pernyataan untuk variabel bebas dan 35 butir pernyataan untuk variabel terikat. Populasi penelitian berjumlah 34 responden. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen untuk variabel bebas dan terikat seluruhnya valid dan reliabel. Hasil analisa data deskriptif menunjukkan bahwa tingkat end user computing satisfaction berada kriteria puas, mean 83,58, skor rata-rata 3,80 dan nilai persentasenya 75, 89%, sedangkan pengembangan SIMPUS menggunakan kerangka PIECES berada pada kriteria biasa, mean 126,55, skor rata-rata 3,62 dan nilai persentasenya 72,31%. Uji Kolmogorov-Smirnov test menunjukkan data berdistribusi normal, dan uji linearitas menunjukkan bahwa antara variabel bebas dan terikat bersifat linear karena nilai Fhitung (3,791) lebih kecil dari nilai Ftabel (4,38). Nilai koefisien korelasi (rhitung) antara variabel X dengan variabel Y sebesar 0,638, sehingga hipotesis pertama diterima. Berdasarkan uji regresi linear sederhana persamaan regresinya Y = 36,810 + 1,074X. Uji F pada taraf signikansi α = 5% nilai Fhitung (21,260) lebih besar dari nilai Ftabel (4,15), maka hipotesis kedua yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan dari end user computing satisfaction terhadap pengembangan SIMPUS menggunakan kerangka PIECES diterima. Nilai determinasi variabel end user computing satisfaction terhadap pengembangan SIMPUS menggunakan kerangka PIECES sebesar 40,70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa end user computing satisfaction bukan merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pengembangan SIMPUS menggunakan kerangka PIECES. Tetapi end user computing satisfaction merupakan faktor strategis bagi penentu keberhasilan sistem. Berdasarkan temuan penelitian, rekomendasi yang disampaikan adalah perlu adanya keterlibatan pengguna dan realisasi kebutuhan pengguna ke dalam pengembangan sistem. Pelaksanaan rekomendasi ini perlu dukungan dari seluruh tingkatan manajemen, terutama manajemen puncak karena dukungan tersebut berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Keyword: End User Computing Satisfaction (EUCS), Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan, Kerangka PIECES

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: End User Computing Satisfaction (EUCS), Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan, Kerangka PIECES
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:46
Last Modified: 07 Mar 2024 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum