ANALISIS LITERASI DIGITAL: STUDI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI PERPUSTAKAAN UKSW SALATIGA

Kurnia Sholihah, NIM: 1420011034 (2016) ANALISIS LITERASI DIGITAL: STUDI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI PERPUSTAKAAN UKSW SALATIGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS LITERASI DIGITAL: STUDI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI PERPUSTAKAAN UKSW SALATIGA)
1420011034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS LITERASI DIGITAL: STUDI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK OLEH MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN DI PERPUSTAKAAN UKSW SALATIGA)
1420011034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Akses yang tinggi pada jurnal elektronik di UKSW belum diketahui secara jelas kemampuaan mahasiswa dalam menemukan, menggunakan, maupun menyebarluaskan informasi secara efektif, karena data laporan akses jurnal elektronik hanya memperlihatkan kuantitas jumlah pengakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karekteristik responden dan melakukan analisis literasi digital mahasiswa Magister Manajemen UKSW dalam memanfaatkan jurnal elektronik di Perpustakaan UKSW Salatiga berdasarkan aspek teknis, kognitif, dan sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner (angket). Populasi yang diambil adalah mahasiswa Magister Manajemen UKSW. Sampel yang diambil sebanyak 42 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Pengukuran tingkat literasi digital berdasarkan skala likert (5-1) yang hasilnya ditafsirkan menjadi sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase terbesar karakteristik responden dalam memanfaatkan jurnal elektronik di Perpustakaan UKSW Salatiga: laki-laki sebesar 60%, berusia 20-29 tahun sebesar 88%, menggunakan smartphones sebesar 31%, frekuensi berinternet setiap hari sebesar 95%, dan database EBSCO yang paling banyak diakses sebesar 60%. Tingkat literasi digital mahasiswa Magister Manajemen UKSW Salatiga berdasarkan aspek teknis dikategorikan memiliki tingkat yang sangat tinggi yaitu 4,22, berdasarkan aspek kognitif dikategorikan tinggi yaitu 4,178, dan berdasarkan aspek sosial dikategorikan tinggi yaitu 4,124. Terdapat beberapa indikator yang memiliki nilai rata-rata terendah yaitu aspek frekuensi pemanfataan jurnal elektronik mendapat nilai rata-rata paling rendah yaitu 3,43, aspek kemampuan berpikir kritis mendapat nilai rata-rata paling rendah yaitu 3,64, aspek kemampuan mengatur privasi online mendapat nilai rata-rata paling rendah yaitu 3,9, maka disarankan kepada perpustakaan UKSW untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi, pendidikan pemakai jurnal elektronik, serta pembentukan grup riset ilmiah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital mahasiswa dalam pemanfaatan jurnal elektronik. Bagi mahasiswa, peningkatan kompetensi literasi digital dapat dilakukan dengan berperan aktif mengikuti sosialisasi maupun program kelas literasi yang diselenggerakan Perpustakaan UKSW. . Kata Kunci: Literasi Digital, Pemanfaatan Jurnal, Jurnal Elektronik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pemanfaatan Jurnal, Jurnal Elektronik
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdiscilinary Islamic Studies
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:29
Last Modified: 07 Feb 2017 07:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23912

Actions (login required)

View Item View Item