APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEKTOR DAN SIMULASINYA MENGGUNAKAN PROGRAM GUI MATLAB

Slamet Pujiono, NIM. 09610035 (2016) APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEKTOR DAN SIMULASINYA MENGGUNAKAN PROGRAM GUI MATLAB. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEKTOR DAN SIMULASINYA MENGGUNAKAN PROGRAM GUI MATLAB)
09610035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI TRIGONOMETRI DALAM PENENTUAN ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN VEKTOR DAN SIMULASINYA MENGGUNAKAN PROGRAM GUI MATLAB)
09610035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penentuan arah kiblat dengan menggunakan Trigonometri murni. Dalam penelitian ini, penentuan arah kiblat menggunakan pendekatan vektor. Vektor secara fisis memiliki dimensi ruang dua dan tiga dimensi yang memiliki besar dan arah. Sifat vektor dalam ruang tiga dimensi dapat menjadi perspektif berbeda dalam metode penentuan arah kiblat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan perpustakaan dan laboratorium komputer. Dengan membaca kembali referensi yang mengulas metode penentuan arah kiblat menggunakan metode trigonometri segitiga bola (spherical trigonometri) dan percobaan membuat program penentuan arah kiblat.Penghitungan arah kiblat dimulai dengan penghitungan panjang sisi segitiga bola. Rumus Trigonometri aturan Sinus, Cosinus, dan Cotgn yang berlaku pada segitiga bola digunakan untuk penghitungan besar sudut arah kiblat. Simulasi menggunakan Program GUI Matlab untuk mempermudah proses perhitungan dan visualisasi arah kiblat. Hasil penelitian ini adalah metode penghitungan arah kiblat dengan pendekatan vektor dan program simulasi penentuan arah kiblat yang dapat diaplikasikan dalam titik koordinat tertentu. Kata kunci: Arah kiblat, Trigonometri, Segitiga bola, vektor, GUI Matlab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Abrori, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat, Trigonometri, Segitiga bola, vektor, GUI Matlab.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 08:54
Last Modified: 08 Feb 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum