KALAM AL INSYA' AL THOLABI MIN AL AMR WA AL NAHI WA AL NIDA' FI SURAH AL AHZAB (DIRASAH TAHLLIYAH BALAGHIYAH)

LIA PURISHANTI - NIM. 01110500 , (2009) KALAM AL INSYA' AL THOLABI MIN AL AMR WA AL NAHI WA AL NIDA' FI SURAH AL AHZAB (DIRASAH TAHLLIYAH BALAGHIYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sebagaimana kita ketahui, Al-Qur’an adalah penyempurna kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi dan rasul yang diutus jauh sebelum Muhammad SAW sebagai pedoman hidup manusia. Dengan segala keistimewaannya; keindahan gaya bahasa (uslub) adalah salah satu hal yang bisa kita temui. Keberadaan uslub ini sangat mempengaruhi keterpaduan kalimat dan keserasian susunan setiap ayat yang tidak mampu ditandingi oleh bahasa manapun. Untuk alasan itulah, Al-Qur’an memiliki kesempurnaan yang tidak terdapat kesalahan di dalamnya. Setiap ayat memiliki makna yang berbeda. Sebagai contoh, kalimat perintah (al-amr) bukan semata-mata berarti perintah, terkadang bisa bermakna sindiran atau larangan. Untuk itu, dalam skripsi penulis akan mencoba menggali makna apa saja yang terkandung dalam tiap ayat surat al-Ahzab dengan pendekatan balaghoh khususnya ilmu ma’ani. Dalam kajiannya sendiri, ilmu ma’ani terbagi menjadi dua yaitu kalam khobar dan kalam insya. Penelitian ini akan memfokuskan kajian hanya pada kalam insya tholabiy dalam fi’il amr, fi’il nahyi dan fi’il nida saja dengan mengaitkannya pada ayat-ayat dalam surat ini. 1. Berapa jumlah ayat dalam surat al-Ahzab yang mengandung amr, nahyi dan nida? 2. Bagaimana bentuk amr, nahyi dan nida jika dipandang dari sudut kalam insya tholabiy? 3. Apa makna yang terkandung dalam ayat-ayat tersebut?

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: PEMBIMBING: DRS. MUSTHOFA
Uncontrolled Keywords: uslub, balaghoh, ilmu ma’ani, kalam insya tholabiy
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item