IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA TAHUN 2016

IIY ZULFATKHUL HIDA, NIM. 12240096 (2016) IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
12240096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
12240096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan komunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan seharihari di rumah tangga, instansi, masyarakat, atau dimana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam komunikasi. Pentingnya komunikasi tidak terbatas, ada komunikasi personal tetapi juga ada dalam tatanan komunikasi organisasi. Kurang atau tidak adanya komunikasi dalam suatu organisasi dapat mengakibatkan tidak lancarnya kegiatan organisasi itu sendiri. Dalam setiap organisasi, komunikasi mempunyai peran sentral, ini terutama berlaku dalam sebuah efektivitas organisasi. Proses dan pola komunikasi merupakan sarana yang diperlukan untuk mengkoordinasi dan mangarahkan kegiatan karyawan ke tujuan dan sasaran organisasi. Seperti di Dompet Dhuafa Yogyakarta komunikasi organisasi sangat penting dalam melaksanakan kinerjanya, komunikasi atasan ke bawahan, bawahan ke atasan, sesama organisasi dan komunikasi harus tetap terjaga dalam mengkoordinasi tugas dan dalam memberikan instruksi kerja yang jelas agar dalam mengerjakannya terarah dan sesuai. Komunikasi dengan para khalayak yaitu para donatur Dompet Dhuafa harus tetap terjalin dengan baik agar dapat memberikan pelayanan yan terbaik. Oleh karena itu, komunikasi organisasi merupakan kebutuhan primer organisasi, dan merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam suatu sistem pengendalian organisasi yang pada hakikatnya adalah untuk mencapai suatu tujuan melalui kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa komunikasi organisasi internal maupun eksternal di Dompet Dhuafa sangat terbuka dalam memberikan instruksi kerja, pengarahan, dan penyampaian ide-ide gagasan sehingga terciptanya komunikasi yang hangat, nyaman, dan terbuka. Dari komunikasi yang terbuka berdampak pada kinerja karyawan dengan lingkungan yang kekeluargaan dan keterbukaan komunikasi anatara atasan, bawahan, sesama karyawan dan eksternal dengan para khalayak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal, Komunikasi Eksternal, Dompet Dhuafa
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 08 Feb 2017 10:59
Last Modified: 08 Feb 2017 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum