MODEL MATEMATIKA HUBUNGAN ANTARA HEPATITIS DAN KANKER HATI

DWI RELLY PUJANINGRUM, NIM. 12610020 (2016) MODEL MATEMATIKA HUBUNGAN ANTARA HEPATITIS DAN KANKER HATI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL MATEMATIKA HUBUNGAN ANTARA HEPATITIS DAN KANKER HATI)
12610020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL MATEMATIKA HUBUNGAN ANTARA HEPATITIS DAN KANKER HATI)
12610020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hepatitis merupakan peradangan hati tanpa penentuan penyebab yang khusus. Hal ini diakibatkan oleh 3 virus, yakni HAV (HepatitisAV irus), HBV (Hepatitis B V irus), dan HAC (Hepatitis C V irus). Virus HBV dan HCV merupakan virus yang menyebabkan sirosis hati dan kemudian menjadi kanker hati. Model matematika menunjukkan dan menganalisis hubungan antara hepatitis dan kanker hati dalam suatu populasi yang homogen dengan tingkat imigrasi yang konstan pada pasien kanker suatu kelompok. Hubungan horizontal dan vertikal model perpindahan hepatitis pada suatu kelompok digunakan untuk menganalisis kestabilan titik ekuilibrium. Kemudian dilakukan simulasi numerik menggunakan software Matlab. Model hubungan antara hepatitis dan kanker yang berdampak pada pertambahan populasi kanker yang terinfeksi hepatitis merupakan model utama dalam penulisan ini. Dari analisis diketahui bahwa jika tingkat penularan infeksi hepatitis meningkat tingkat populasi endemik meningkat kemudian risiko infeksi hepatitis antara pasien kanker juga meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanda terinfeksi virus hepatitis dalam kenaikan jumlah pasien kanker pada suatu populasi terjadi karena penyebaran infeksi hepatitis B dan C yang kemudian menyebabkan penyakit kanker hati. Kata kunci : Pemodelan Matematika, Kanker, Hepatitis, Ekuilibrium.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: KomHepatitis merupakan peradangan hati tanpa penentuan penyebab yang khusus. Hal ini diakibatkan oleh 3 virus, yakni HAV (HepatitisAV irus), HBV (Hepatitis B V irus), dan HAC (Hepatitis C V irus). Virus HBV dan HCV merupakan virus yang menyebabkan sirosis hati dan kemudian menjadi kanker hati. Model matematika menunjukkan dan menganalisis hubungan antara hepatitis dan kanker hati dalam suatu populasi yang homogen dengan tingkat imigrasi yang konstan pada pasien kanker suatu kelompok. Hubungan horizontal dan vertikal model perpindahan hepatitis pada suatu kelompok digunakan untuk menganalisis kestabilan titik ekuilibrium. Kemudian dilakukan simulasi numerik menggunakan software Matlab. Model hubungan antara hepatitis dan kanker yang berdampak pada pertambahan populasi kanker yang terinfeksi hepatitis merupakan model utama dalam penulisan ini. Dari analisis diketahui bahwa jika tingkat penularan infeksi hepatitis meningkat tingkat populasi endemik meningkat kemudian risiko infeksi hepatitis antara pasien kanker juga meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanda terinfeksi virus hepatitis dalam kenaikan jumlah pasien kanker pada suatu populasi terjadi karena penyebaran infeksi hepatitis B dan C yang kemudian menyebabkan penyakit kanker hati. Kata kunci : Pemodelan Matematika, Kanker, Hepatitis, Ekuilibrium
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 14:18
Last Modified: 08 Feb 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum