MODEL MATEMATIKA KANKER PARU-PARU: EFEK DARI ASAP ROKOK TANGAN KEDUA DAN PENDIDIKAN

YUDHA CITA JAYANTI, NIM. 12610024 (2016) MODEL MATEMATIKA KANKER PARU-PARU: EFEK DARI ASAP ROKOK TANGAN KEDUA DAN PENDIDIKAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL MATEMATIKA KANKER PARU-PARU: EFEK DARI ASAP ROKOK TANGAN KEDUA DAN PENDIDIKAN)
12610024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (MODEL MATEMATIKA KANKER PARU-PARU: EFEK DARI ASAP ROKOK TANGAN KEDUA DAN PENDIDIKAN)
12610024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah asap rokok. Penyakit ini bisa terjadi tidak hanya pada perokok tapi juga non perokok akibat asap tangan kedua. Gejala umum penderita kanker paru-paru dapat berupa batuk, batuk darah, sesak nafas, radang paru yang berulang, nyeri dada, dan benjolan di dada. Memberikan pendidikan tentang bahaya merokok adalah salah satu yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat pertumbuhan kanker paruparu. Skripsi ini mempelajari tentang model matematika kanker paru-paru dalam aspek efek dari asap tangan kedua dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan titik ekuilibrium bebas rokok beserta kestabilannya, titik ekuilibrium endemik, dan Basic Reproduction Number. Langkah terakhir yaitu melakukan simulasi numerik. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi masalah, menyusun asumsi untuk menyederhanakan model, mendefinisikan parameter dan membuat diagram penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan situasi ketika R0 < 1 (titik ekuilibrium bebas rokok stabil dan penyakit tidak menyebar dalam populasi) dan R0 > 1 (titik ekuilibrium bebas rokok tidak stabil dan penyakit menyebar dalam populasi), dan parameter yang paling berpengaruh terhadap R0 adalah q (kemungkinan individu masuk ke kelas terdidik E). Kata Kunci : Kanker Paru-Paru, Asap Tangan Kedua, Titik Ekuilibrium, Basic Reproduction Number, Model Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, M. Kom
Uncontrolled Keywords: Kanker Paru-Paru, Asap Tangan Kedua, Titik Ekuilibrium, Basic Reproduction Number, Model Matematika.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 14:24
Last Modified: 08 Feb 2017 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum