ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL CONSTANT CORRELATION MODEL PADA SAHAM SYARI’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SORTINO, TREYNOR RATIO DAN M2 (Studi Kasus : Saham Syari’ah Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Juni 2013 - 30 Maret 2016)

INDAH PUSPITA SARI, NIM. 12610045 (2016) ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL CONSTANT CORRELATION MODEL PADA SAHAM SYARI’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SORTINO, TREYNOR RATIO DAN M2 (Studi Kasus : Saham Syari’ah Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Juni 2013 - 30 Maret 2016). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL CONSTANT CORRELATION MODEL PADA SAHAM SYARI’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SORTINO, TREYNOR RATIO DAN M2 (Studi Kasus : Saham Syari’ah Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Juni 2013 - 30 Maret 2016))
12610045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KINERJA PORTOFOLIO OPTIMAL CONSTANT CORRELATION MODEL PADA SAHAM SYARI’AH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SORTINO, TREYNOR RATIO DAN M2 (Studi Kasus : Saham Syari’ah Jakarta Islamic Index (JII) Periode 1 Juni 2013 - 30 Maret 2016))
12610045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya jenis saham-saham yang ditawarkan di pasar modal mengakibatkan investor harus berhati-hati dalam menentukan saham yang akan dibelinya, karena setiap saham yang ditawarkan selalu mempunyai risiko disamping menjanjikan return. Oleh karena itu untuk memilih saham yang akan memberikan return yang optimum dengan risiko yang serendah-rendahnya maka perlu digunakan analisis portofolio. Penelitian ini membahas tentang analisis kinerja portofolio optimal menggunakan Constant Correlation Model dan untuk mengevaluasi kinerja dari portofolio saham tersebut digunakan beberapa metode yaitu Sortino, Treynor, dan M2 untuk mengetahui portofolio mana yang memiliki kinerja terbaik. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membantu para investor dalam memilih saham manakah yang paling baik dan menguntungkan bagi mereka dalam menanamkan modalnya. Adapun data saham yang digunakan dalam penelitian ini adalah saham Jakarta Islamic Index (JII) periode 1 Juni 2013-30 Maret 2016. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa portofolio A merupakan portofolio yang optimal. Proporsi masing-masing saham yang masuk dalam portofolio optimal yaitu saham ITMG (53,7%), ASRI (18,4%), PGAS (23,6%) dan TLKM (4,2%) dengan besar tingkat pengembalian yang diharapkan dari portofolio optimal adalah 16,5%, sedangkan risiko portofolio optimal sebesar 3,2%. Nilai kinerja tertinggi masing-masing portofolio yang dihitung menggunakan ketiga metode di atas secara berturut-turut adalah portofolio C sebesar 3,79, portofolio B sebesar 3,66 dan portofolio A sebesar 0,11. Hasil perbandingan kinerja antar portofolio saham dan uji konsistensi menunjukkan bahwa hasil kinerja antara ketiga metode tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dan ketiga metode tersebut tidak memiliki konsistensi dalam mengukur kinerja portofolio saham. Kata kunci: Portofolio Optimal, Constant Correlation Model, Metode Pengukur Kinerja, Sortino, Treynor Ratio dan M2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Farhan Qudratullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Portofolio Optimal, Constant Correlation Model, Metode Pengukur Kinerja, Sortino, Treynor Ratio dan M2
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Feb 2017 14:39
Last Modified: 08 Feb 2017 14:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum