TANGGUNG JAWAB HUKUM PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KONSUMEN ATAS WANPRESTASI PENGIRIMAN BARANG

HANIF NUR FAJRI, NIM. 12340034 (2016) TANGGUNG JAWAB HUKUM PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KONSUMEN ATAS WANPRESTASI PENGIRIMAN BARANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TANGGUNG JAWAB HUKUM PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KONSUMEN ATAS WANPRESTASI PENGIRIMAN BARANG)
12340034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (TANGGUNG JAWAB HUKUM PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TERHADAP KONSUMEN ATAS WANPRESTASI PENGIRIMAN BARANG)
12340034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT. Pos Indonesia (persero) merupakan perusahaan badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dalam memenuhi kewajibannya kepada konsumen terkadang PT. Pos Indonesia (persero) melakukan wanprestasi terhadap konsumen. Wanprestasi adalah tidak dilaksanakannya kewajiban salah satu pihak dalam suatu perjanjian atau kontrak dan dapat merugikan pihak lain karena telah melakukan pelanggaran. Wanprestasi yang dimaksud di sini adalah rusak dan hilangnya paket barang milik konsumen. Untuk memenuhi prestasinya kepada konsumen maka PT. Pos Indonesia (persero) harus bertanggung jawab untuk mengganti rugi kerugian yang dialami konsumen. Dalam penelitian ini akan membahas tentang bagaimana tanggung jawab hukum PT. Pos Indonesia (persero) Cabang Yogyakarta atas wanprestasi terhadap konsumen karena rusak dan hilangnya barang konsumen. Apakah penyelesaian wanprestasi atas rusak dan hilangnya barang konsumen oleh PT. Pos Indonesia (persero) Cabang Yogyakarta telah sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan teori perjanjian yang membahas tentang bagaimana terjadinya dan sahnya suatu perjanjian, teori penanggungan yang di dalamnya terdapat perjanjian asuransi dimana pihak tertanggung sebagai pihak yang mengasuransikan objek asuransi dan pihak penanggung harus berdasarkan kata sepakat menentukan syarat-syarat perjanjian asuransi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan yang terakhir adalah teori perlindungan konsumen yaitu teori yang berisikan tentang hak konsumen dan kewajiban pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, pendekatan masalah ini didasarkan kepada peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan dikaitkan dengan fakta hukum dalam masyarakat. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (filed research). Obyek yang diteliti terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 2 Kel. Prawirodirjan Kec. Gondomanan yaitu PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Yogyakarta 55000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai bentuk tanggung jawab yang telah dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Yogyakarta kepada konsumen dengan mengganti kerugian sejumlah uang untuk menutupi sebagian kerugian yang dialami oleh konsumen. Pelaksanaan ganti rugi PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Yogyakarta dengan konsumen sudah sesuai dengan peraturan dalam Pasal 19 ayat (1) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. Riyanta, M. Hum. 2. Faisal Luqman Hakim, SH., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: PT. POS INDONESIA (PERSERO),KONSUMEN, WANPRESTASI PENGIRIMAN BARANG
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Feb 2017 09:52
Last Modified: 09 Feb 2017 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum