PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN

MASFUFAH - NIM. 02411285, (2009) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IX MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen, problem-problem yang dihadapi serta upaya untuk mengatasi problem tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits. Di samping itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan masukan yang berguna bagi usaha meningkatkan kualitas pembelajaran PAI khususnya untuk guru PAI di MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen dan para guru PAI pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Adapun prosedur atau langkah-langkahnya sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu menchek data tertentu dengan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain pada berbagai fase penelitian lapangan, pada waktu yang berlainan dan sering menggunakan metode yang berlainan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan i active learning /i dalam pembelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IX MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen diantaranya menggunakan strategi “bermain sambil belajar, setoran hafalan “belajar berpasangan, “video critic , “active debate, “berpikir cepat dan keras dan strategi “saya bisa. Strategi “bermain sambil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa besar penguasaan siswa terhadap materi. Strategi “setoran hafalan untuk memotivasi siswa dalam menghafalkan teks/ayat/hadits. Strategi “belajar berpasangan digunakan untuk melatih ketangkasan siswa dalam belajar. Strategi “video critic untuk melatih siswa lebih kritis dalam menanggapi fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Strategi “active debate untuk melatih siswa saling memberi umpan balik sehingga kegiatan pembelajaran tidak vakum. Strategi “berpikir cepat dan kritis digunakan untuk memfokuskan konsentrasi siswa. Strategi “saya bisa digunakan untuk mengetahui minat siswa terhadap materi pelajaran. (2) Problem yang dihadapi meliputi: guru sulit mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru sulit mengajar karena siswa kurang berminat dalam belajar, kondisi psikologis siswa kurang mendukung. (3) Upaya-upaya yang dilakukan yaitu: guru menggunakan strategi belajar aktif secara bervariatif; untuk menumbuhkan minat siswa, guru senantiasa menyampaikan beberapa fadhilah membaca al-Qur'an. Guru senantiasa memantau kondisi psikologis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Active Learning, Pembelajaran, Fiqh, Qur'an, Hadits
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2012 14:25
Last Modified: 24 Sep 2012 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item