AHWAL MISR AL SIYASIYYAH FI 'ASR AL JAMAL ABDUL NASIR FI AL RIWAYAH AHL AL HAMIDIYYAH LI NAJIB KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH)

IKHSAN ALI FAUZI, NIM. 11110062 (2016) AHWAL MISR AL SIYASIYYAH FI 'ASR AL JAMAL ABDUL NASIR FI AL RIWAYAH AHL AL HAMIDIYYAH LI NAJIB KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AHWAL MISR AL SIYASIYYAH FI 'ASR AL JAMAL ABDUL NASIR FI AL RIWAYAH AHL AL HAMIDIYYAH LI NAJIB KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH))
11110062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AHWAL MISR AL SIYASIYYAH FI 'ASR AL JAMAL ABDUL NASIR FI AL RIWAYAH AHL AL HAMIDIYYAH LI NAJIB KAYLANIY (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMA'IYYAH))
11110062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sosiologi sastra merupakan cabang ilmu sastra yang dapat mengungkapkan isi dari sebuah karya sastra dengan sudut pandang sosiologis. Dengan demikian, karya sastra yang didalamnya terkandung unsur-unsur sosial, seperti; kehidupan bermasyarkat, sosial-politik masyarakat dan ideologi masyarakat, dapat diungkapkan dengan sosiologi sastra. Dalam penelitian ini, sosiologi sastra akan digunakan sebagai alat pembedah karya sastra berbentuk novel dengan judul “Ahlul Hamidiyah” karya Najib Al-Kailani. Novel ini bercerita tentang keadaan sosial-politik Mesir sekitar tahun 1954-1970, dalam cerita tersebut, Mesir dipimpin oleh Gamal Abdul Nasir sebagai presiden, terjadi perang antara Mesir dan Inggris dalam memperebutkan Terusan Suez, maka terjadilah Pan Arabisme, Nasionalisme Mesir dan benturan Pemerintah Mesir dengan Militan Ikhwanul Muslimin. Novel tersebut sangat cocok dikaji menggunakan sosiologi sastra dengan teori Strukturalisme Genetik Swingewood yang merupakan bagian dari sosiologi sastra. Swingewood (dalam Faruk, 2012:1) menguraikan bahwa sosiologi merupakan studi ilmiyah dan objektif mengenai manusia dalam masyarakat, studi mengenai lembaga-lembaga dan proses sosial. Dengan menggunakan teori Strukturalisme Genetik, maka peneliti dapat menemukan relasi antara kejadian dalam Novel “Ahlul Hamidiyah” dengan kejadian sebenarnya yang dilihat dari sudut sejarah Mesir pada tahun 1954-1970 serta mengetahui ideologi pengarang yang digambarkan oleh tokoh pertama dalam Novel tersebut yaitu Abdul Mugits, dapat disimpulkan bahwa ideologi pengarang adalah mewakili golongan Ikhwanul Muslimin. Kata kunci: Sosiologi Sastra, Strukturalisme Genetik Alan Swingewood dan Novel “Ahlul Hamidiyah”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ibnu Burdah, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra, Strukturalisme Genetik Alan Swingewood dan Novel “Ahlul Hamidiyah”.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2017 09:01
Last Modified: 13 Feb 2017 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum