PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N PAKEM YOGYAKARTA

MIFTAKHUL IKHSAN - NIM. 04420935, (2009) PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N PAKEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N PAKEM YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTS N PAKEM YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Tujuan pembelajaran bahasa Arab secara umum adalah agar siswa dapat menguasai bahasa Arab dengan baik dan benar. Untuk mencapai tujuan itu semua, tentu saja tidak terlepas dari beberapa factor yaitu guru, siswa, materi, metode dan lingkungan. Dari factor-faktor tersebut haruslah saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Sebagaimana dalam pengajaran qiroah dalam bahasa Arab di MTs Negeri Pakem untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai terdapat problematika yang harus dihadapi, yaitu problem linguistic dan non linguistic. Dari kedua problem tersebut haruslah guru dan kepala madrasah mempunyai keputusan yang bijak guna menyikapi problematika yang ada, sehingga siswa dalam mempelajari qiroah dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dari permasalan tersebut penulis ingin mengungkap lebih jauh mengenai problematika dalam pengajaran qiroah dan bagaimana sikap dari guru dan kepala madrasah dalam mengambil langkah-langklah atau solusi guna mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mendapatkan fakta-fakta mengenai realita yang ada mengenai problematika pengajaran qiroah di MTs Negeri Pakem, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, angket, test dan dokumentasi. Dan untuk menganalisa data yang telah terkumpul, penulis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Dan supaya penelitian ini dapat terarah dengan baik, penulis menggunakan teori pengajaran dan teori problematika dalam pengajaran qiroah. Karena dalam suatu penelitian bisa dikatakan dengan sempurna, apabila dalam mencari data-data yang ada haruslah sesuai dengan teori dan tak lain dari penelitian semacam ini yakni penelitian kualitatif adalah dapat dikatakan dengan pembuktian dari sebuah teori. Setelah dengan berjalannya seiring waktu yang didasari dengan metode dan teori, penulis mendapatkan hasil kesimpulan dari penelitian ini mengenai permasalahan problematika pengajaran qiroah di MTs Negeri Pakem. Problematika tersebut adalah disebabkan dua problem yaitu problem linguistic dan non linguistic. Dalam menyikapi permasalahan tesebut guru mengambil langkah dalam pengajaran yaitu dengan memvariasi atau mengkomparasikan berbagai macam metode sehingga siswa dalam menerima materi yang diajarkan dapat diterima. Dan selain itu dari pihak madrasah menambahkan mata pelajaran khusus guna meningkatkan kemahiran membaca siswa dengan teks arab yaitu dialokasikan waktu 1 jam dalam seminggu untuk pelajaran iqro. Adapun pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan siswa mengenai baca tulis Alqur'annya. Dan untuk mengetahui apakah langkah guru dan madrasah dalam menyikapi permasalan tersebut berhasil atau tidak, penulis menguji mengenai hasil prestasi qiroah siswa dengan memberikan test. Dan mendapatkan hasil nilai rata-rata kelas 62,3, dari hasil tersebut berdasarkan ukuran standart rata-rata, penulis bisa katakan cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pengajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 11:39
Last Modified: 03 Apr 2017 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item