IMPLEMENTASI ASPEK-ASPEK ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR NGASEM TAMANSARI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016

HELMI RAHMATULLAH, NIM. 12240057 (2016) IMPLEMENTASI ASPEK-ASPEK ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR NGASEM TAMANSARI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI ASPEK-ASPEK ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR NGASEM TAMANSARI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
12240057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI ASPEK-ASPEK ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG PASAR NGASEM TAMANSARI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016)
12240057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pasar Ngasem merupakan tempat melakukan transaksi jual beli sebagai pasar tradisional. Hal tersebut sangat rentan dengan realisasi pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya yang masih mengabaikan etika bisnis yang sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Penegakan nilai-nilai moral dalam kehidupan perdagangan pasar harus disadari secara personal oleh setiap pelaku pasar. Mengacu pada Al-Qur’an dan praktek kehidupan pasar pada masa Rasulullah dan sahabatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menginterpretasikannya dalam kalimat sederhana sehingga dapat diambil pengertiannya untuk mendapatkan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Untuk uji validitas penulis menggunakan metode triangulasi sumber dan metode dalam mendukung pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh. Setelah melakukan penenelitian, maka dapat diketahui bahwa implementasi etika bisnis Islam di Pasar Ngasem sebagian besar dari prinsip etika bisnis sudah sesuai dengan syari’at Islam, namun ada yang tidak sesuai seperti halnya dalam pencatatan utang-piutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar Ngasem Tamansari Kota Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Feb 2017 13:55
Last Modified: 13 Feb 2017 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum