MANAJEMEN PELAYANAN DI RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA

NURBAITI, NIM. 12240043 (2016) MANAJEMEN PELAYANAN DI RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN DI RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA)
12240043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN DI RUMAH SEHAT BAZNAS YOGYAKARTA)
12240043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta adalah lembaga yang bergerak dalam bidang jasa layanan kesehatan. Tentu saja dalam hal ini manajemen pelayanan sangat penting. Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta merupakan bagian dari program BAZNAS, yaitu sebuah program yang memanfaatkan dana dari hasil penghimpunan zakat yang kemudian disalurkan dalam bentuk layanan kesehatan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti manajemen pelayanan di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta, namun peneliti hanya memfokuskan pada layanan dalam gedung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pelayanan di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta terdiri dari layanan medis dan non medis, layanan non medis adalah layanan sebelum menjadi mustahiq. Adapun layanan medis yaitu layanan yang diperoleh setelah jadi mustahiq. Pada tahap penetapan sasaran Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta melakukan survei ke rumah-rumah calon mustahiq dengan menggunakan indikator yang sudah ditentukan. Pada tahap menetapkan cara pencapaian target atau sasaran, baik kuantitas maupun kualitas Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta bekerjasama dengan kelurahan untuk mencari penambahan mustahiq serta selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya. Pada tahap pelaksanaan, di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta hanya tersedia berbagai layanan medis dasar yang berorientasi pada layanan kesehatan preventive, kuratif, dan promotif. Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta juga menerapkan pengendalian yaitu dengan monitoring atau pengawasan, hal ini terlihat dengan adanya pengawasan perbidang kerja masing-masing serta pengawasan kedisiplinan waktu pegawai. Sedangkan evaluasi yang diterapkan di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta yaitu evaluasi setiap bidang kerja di akhir shift, evaluasi perbulan, evaluasi setiap tiga bulan, setiap enam bulan dan setiap satu tahun. Pada pelayanan di Rumah Sehat BAZNAS Yogyakarta, yang menjadi faktor pendukung yaitu letak yang strategis, serta pelayanan yang cukup cepat dan ramah. Sedangkan faktor penghambat yaitu masih terbatasnya SDM di bagian tertentu dan masih ada pendataan yang belum memaksimalkan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Muhammad Rosyid Ridla, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 14 Feb 2017 11:02
Last Modified: 14 Feb 2017 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum