PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MANDATORY DISCLOSURE FINANCIAL STATEMENT (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2011-2014

ADE KRISNAWAN, NIM. 12390091 (2016) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MANDATORY DISCLOSURE FINANCIAL STATEMENT (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2011-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MANDATORY DISCLOSURE FINANCIAL STATEMENT (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2011-2014)
12390091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN TERHADAP MANDATORY DISCLOSURE FINANCIAL STATEMENT (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2011-2014)
12390091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan media untuk menilai prestasi dan kondisi ekonomi suatu perusahaan. Laporan keuangan inilah yang menjadi sarana informasi bagi berbagai pihak sebagai dasar pengambilan keputusan. Laporan keuangan juga dapat menggambarkan posisi keuangan perusahaan, hasil usaha suatu perusahaan, dan arus dana (kas) suatu perusahaan dalam periode tertentu. Oleh karena itu, pengungkapan melalui laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan menjadi penting sebagai informasi dan dasar pengambilan keputusan bagi investor. Pengungkapan dalam laporan keuangan terbagi menjadi pengungkapan wajib (mandatory disclosure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure). Pengungkapan wajib laporan keuangan adalah pengungkapan minimum yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap pengugkapan wajib laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII (Jakarta Islamic Index) tahun 2011-2014. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 14 perusahaan. Selama periode 2011-2014 diperoleh 56 sampel data. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan yang diakses dari website perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah Eviews 8 dengan teknik analisis data berupa teknik regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal (DER) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan wajib laporan keuangan. Profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan wajib laporan keuangan. Sedangkan secara simultan struktur modal (DER) dan profitabilitas (ROA) berpengaruh terhadap pengungkapan wajib laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengungkapan wajib laporan keuangan, struktur modal, dan profitabilitas.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2017 11:40
Last Modified: 14 Feb 2017 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24003

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum