PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, VOLUNTARY DISCLOSURE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2015

INTAN SYLMA QONITA, NIM. 12390102 (2016) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, VOLUNTARY DISCLOSURE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, VOLUNTARY DISCLOSURE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2015)
12390102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, VOLUNTARY DISCLOSURE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL PERUSAHAAN PROPERTI YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2012-2015)
12390102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (747kB)

Abstract

Cost of equity capital merupakan tingkat pengembalian yang diharapkan oleh para investor terhadap dana yang mereka investasikan di suatu perusahaan. Di bidang keuangan, cost of equity merupakan tingkat kembalian (biasa dikenal sebagai rate of return) minimum yang secara teoretis mampu diberikan perusahaan kepada pemilik saham. Cost of equity diberikan sebagai kompensasi risiko yang bersedia diambil oleh investor untuk menanamkan modal ke perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah asimetri informasi, voluntary disclosure, dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan dari ketiga variabel tersebut terhadap cost of equity capital pada 10 perusahaan yang termasuk dalam penggolongan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) tahun 2012-2015. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan alat analisis Eviews 8 dan memilih model Random Effect sebagai model yang terbaik. Asimetri Informasi diproksikan dengan bid-ask spread. Sedangkan Voluntary disclosure diproksi dengan menggunakan indeks pengungkapan, dan ukuran perusahaan diproksikan dengan Log natural (Ln) dari total aset. Kemudian cost of equity capital diproksi dengan menggunakan model Ohlson. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa secara simultan asimetri informasi, voluntary disclosure, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap cost of equity capital. Secara parsial, asimetri informasi berpengaruh positif signifikan terhadap cost of equity capital. Voluntary disclosure berpengaruh negatif signifikan terhadap cost of equity capital. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity capital. Pengujian penelitian ini mennjukkan bahwa 26% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam model dan sebanyak 74% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Akhmad Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: ISSI, cost of equity capital, asimetri informasi, voluntary disclosure, dan size,
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2017 09:51
Last Modified: 16 Feb 2017 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item View Item