ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH

AHMAD NURIYANNA FAHMI, NIM. 12391032 (2016) ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH)
12391032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING DAN CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH)
12391032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (764kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh rasio likuiditas, nilai komposit GCG, earning dan capital bank terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah periode tahun 2013-2015. Variabel pada penelitian ini diukur menggunakan variabel FDR, GCG, NOM dan CAR sedangkan kinerja keuangan pada penelitian ini diukur menggunakan variabel ROA. Sampel yang digunakan adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menerbitkan laporan tahunannya pada periode 2013-2015. Data yang digunakan adalah laporan tahunan perbankan syariah di Indonesia yang diperoleh dari official website masing-masing perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi data panel, karena di dalam penelitian ini merupakan gabungan dari data cross section dan data time series. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, model fixed effect terpilih sebagai model terbaik dalam mengistimasi data panel yang ada dalam penelitian ini. Dari hasil uji F disimpulkan bahwa variabel independen FDR, GCG, NOM, dan CAR secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen ROA. Secara parsial variabel FDR dan CAR yang berpengaruh terhadap ROA, sedangkan variabel GCG dan NOM tidak berpengaruh terhadap ROA. Berdahasalkan hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0.523355 yang berarti bahwa 52,34% dari variabel terkait berupa Return on Asset dapat dijelaskan oleh variabel independennya yaitu FDR, GCG, NOM dan CAR. Sedangkan sisanya sebesar 47,66% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. H. M. YAZID AFANDI, M.Ag 2. Drs. SLAMET KHILMI, MSI
Uncontrolled Keywords: Perbankan Syariah, FDR, GCG, NOM, CAR, ROA
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2017 10:27
Last Modified: 16 Feb 2017 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item View Item