METODE PENELITIAN KUANTITATIF Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif

Machali, Imam (2016) METODE PENELITIAN KUANTITATIF Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Buku, Vol. 1 (Cet. 1). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-603461-8

[img]
Preview
Image (METODE PENELITIAN KUANTITATIF Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif)
COVER - BUKU METOPEN KUANTITATIF - Imam Machali.png - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img] Archive (METODE PENELITIAN KUANTITATIF Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif)
3-BUKU METOPEN KUANTITATIF - Imam Machali.pdf - Other
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (21MB)

Abstract

Pada umumnya melakukan penelitian kuantitatif bagi sebagian besar mahasiswa dianggap sebagai suatu pekerjaan yang sangat sulit. Sebab peneliti disibukkan dengan penghitungan angka-angka dan analisis statistik yang rumit. Pandangan semacam ini diperkuat oleh pengalaman penulis dalam mengajar, membimbing mahasiswa, dan mengisi pelatihan metodologi penelitian di lingkungan PTKI. Dua dari sepuluh peserta (mahasiswa) pelatihan rata-rata memilih metode kualitatif dalam melakukan penelitian. Alasannya adalah karena metode kuantitatif berhubungan dengan angka-angka dan ststistik, sementara mereka tidak mampu atau kesulitan hitungan statistik, penelitian kuantitatif sangat rumit dan sulit, dan lain-lain. Alasan lain—yang lebih “akademik” adalah karena metode kuantitatif bersifat “generalisasi” padahal tidak semua bisa digeneralisasikan, ada hal-hal spesifik yang bersifat “kasuistik”. Terlepas dari alasan tersebut di atas—baik yang bersifat personal maupun akademik—kesimpulannya adalah para peserta merasa kesulitan berhubungan dangan olah data statistik. Hal ini bisa difahami kerana umumnya peserta kurang memiliki pemahaman yang baik terkait dengan olah data statistik dalam penelitian kuantitatif. Mata kuliah statistik yang pernah dipelajari sebelumnya masih menggunakan teknikteknik manual dengan rumus-rumus yang rumit dan kurang memanfaatkan alat bantu, fasilitas, aplikasi/software statistik yang memudahkan kita menyelesaikan berbagai pesoalan statistika yang terus berkembang dan menarik.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Penelitian, kuantitatif
Subjects: Penelitian - Metode
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Feb 2017 15:15
Last Modified: 17 Feb 2017 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24023

Actions (login required)

View Item View Item