METODE PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BERBASIS SATUAN TUGAS ANTI NARKOBA SEKOLAH ( STUDI KASUS DI SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA)

SOFIA ANISATUL AF’IDAH, NIM. 12250001 (2016) METODE PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BERBASIS SATUAN TUGAS ANTI NARKOBA SEKOLAH ( STUDI KASUS DI SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BERBASIS SATUAN TUGAS ANTI NARKOBA SEKOLAH ( STUDI KASUS DI SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
12250001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BERBASIS SATUAN TUGAS ANTI NARKOBA SEKOLAH ( STUDI KASUS DI SMK N 2 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA))
12250001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Berbasis Satuan Tugas Anti Narkoba Sekolah ( Studi Kasus Di SMK N 2 Depok, Sleman, Yogyakarta)”. Dalam penelitian ini peneliti menuliskan mengenai metode dan hambatan dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis sekolah yang dilakukan oleh satuan tugas anti narkoba GIANTS. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pernyataan Soeweno bahwa pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda melalui strategi pembelajaran yaitu ceramah, pemutaran film dan diskusi belum efektif. Sehingga perlu direncanakan aktivitas lain berkaitan dengan program pengembangan ketrampilan personal dan interpersonal pada generasi muda. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengkaji lebih dalam mengenai metode yang digunakan oleh SMK N 2 Depok Sleman dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. SMK ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki satgas (satuan tugas) dalam pencegahan narkoba di sekolah dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler berbeda dengan satgas anti narkoba sekolah lain yang ikut dengan OSIS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif deskripstif. Subjek dari penelitian ini yaitu pembina OSIS, Pembina GIANTS, Pelatih GIANTS, dan Anggota GIANTS yang merupakan subjek formal serta siswa siswi SMK N 2 Depok merupakan subjek informal sebagai informan pendukung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstuktur, observasi partisipan, dan dokumentasi berupa foto kegiatan, laporan kerja, dan portofolio kegiatan. Hasil dari penelitian ini yaitu: metode pencegahan penyalahgunaan narkoba berbasis satuan tugas anti narkoba sekolah yang dilakukan GIANTS terdiri dari 3 metode yaitu: Pertama, metode pencegahan level individu berupa konseling sebaya dengan sasaran siswa siswi SMK N 2 Depok Sleman. Kedua, metode pencegahan level kelompok berupa diskusi rutin dan insidental. Diskusi rutin terdiri dari diskusi rutin mingguan dan tahunan. Sasaran dari pencegahan level kelompok adalah anggota baru dan lama GIANTS. Ketiga, metode pencegahan level masyarakat/komunitas. Kegiatan pencegahan pada level ini berupa serangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu pra-HANI, saat HANI, dan pasca HANI. Kegiatan pra-HANI ditujukan kepada siswa siwi SMK N 2 Depok Sleman. Kegiatannya meliputi seminar kenza, mural dan Stembayo Anti Drugs Competituons (SADC). Kegiatan saat HANI yaitu kampanye simpatik dengan sasaran masyarakat di wilayah DIY. Kegiatann pasca HANI yaitu Drugs Abuse Prevention (DAP). Kegiatan penyuluhan dengan sasaran pelajar SMP dan karang taruna di Sleman. Kegiatan pencegahan yang dilakukan GIANTS dikarenakan kepedulian GIANTS pada penyalahgunaan narkoba yang semakin banyak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ARYAN TORRIDO, S.E, M.Si NIP 19750510 200901 1 016
Uncontrolled Keywords: Metode pencegahan, pencegahan penyalahgunaan narkoba, GIANTS
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:17
Last Modified: 17 Feb 2017 03:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24026

Actions (login required)

View Item View Item