INTERVENSI MAKRO UNTUK PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI PERKAMPUNGAN SOSIAL PINGIT) PERSPEKTIF PEKERJAAN SOSIAL

NURUL HIDAYAH, NIM. 12250021 (2016) INTERVENSI MAKRO UNTUK PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI PERKAMPUNGAN SOSIAL PINGIT) PERSPEKTIF PEKERJAAN SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI MAKRO UNTUK PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI PERKAMPUNGAN SOSIAL PINGIT) PERSPEKTIF PEKERJAAN SOSIAL)
12250021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI MAKRO UNTUK PENGENTASAN KEMISKINAN (STUDI KASUS DI PERKAMPUNGAN SOSIAL PINGIT) PERSPEKTIF PEKERJAAN SOSIAL)
12250021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (753kB)

Abstract

Studi Kasus di Perkampungan Sosial Pingit) Perspektif Pekerjaan Sosial”. Penelitian ini dilakukan mengingat masalah sosial yang semakin meningkat dan kompleks termasuk masalah kemiskinan. Kemiskinan di sebabkan oleh beberapa faktor antara lain pendidikan yang rendah, tidak mempunyai keterampilan kerja, terkena PHK, pengangguran dan lain-lain. Untuk mengentaskan kemiskinan muncul program-program yang diberikan oleh lembaga pemerintah maupun non pemerintah (LSM, organisasi dan lain-lain), lembaga yang mengentaskan kemiskinan salah satunya adalah Perkampungan Sosial Pingit. Adapun program yang diberikan PSP kepada warga binaan salah satunya adalah memberikan bantuan berupa tempat tinggal. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk meneliti di lembaga tersebut. Dari pernyataan diatas peneliti mengajukan pertanyaan sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana metode intervensi makro yang digunakan Perkampungan Sosial Pingit dalam mengentaskan kasus kemiskinan di Yogyakarta, apa saja hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Perkampungan Sosial Pingit dalam mengentaskan kemiskinan pada warga binaan, dan apa saja manfaat PSP dalam mengentaskan kemiskinan pada warga binaan. Penelitian ini menggunankan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi diperoleh dengan mengamati apa yang terjadi di lapangan seperti mengamati kegiatan apa saja yang dilakukan oleh warga binaan PSP. Peneliti memperoleh data wawancara dari informan seperti empat warga binaan, dua pengurus PSP dan satu pekerja sosial. Serta dokumentasi yang digunakan untuk melihat arsip yang terkait dengan warga binaan ataupun mengenai Perkampungan Sosial Pingit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perkampungan Sosial Pingit memiliki metode intervensi makro yang digunakan untuk pengentasan kemiskinan antara lain pendampingan kepada warga binaan PSP, pelatihan-pelatihan yaitu memberikan kegiatan keterampilan seperti berkebun (sayuran, membuat kerajinan dari bunga kering) serta membiasakan hidup sehat dan bersih, memberikan pinjaman uang untuk modal usaha, memberikan pengetahuan dalam membina rumah tangga yang baik, menyalurkan dengan bantuan jaminan sosial, jaminan kesehatan dan beasiswa untuk anak-anak, menyediakan tempat belajar untuk anak-anak. PSP dalam mengentaskan kemiskinan mengalami beberapa hambatan dan tantangan, adapun hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh PSP yaitu sulitnya membiasakan menabung, membiasakan hidup sehat dan bersih, membangun mentalitas mereka pada era globalisasi yang semakin maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA., Ph. D NIP 19680610 199203 1 003
Uncontrolled Keywords: Intervensi Makro, Kemiskinan
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:39
Last Modified: 17 Feb 2017 03:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item View Item