KEBERFUNGSIAN SOSIAL ALUMNI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA (BPRSW) PENERIMA PROGRAM SERTIFIKASI TAHUN 2013-2015

ROHMAH WIDIASIH, NIM. 12250038 (2016) KEBERFUNGSIAN SOSIAL ALUMNI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA (BPRSW) PENERIMA PROGRAM SERTIFIKASI TAHUN 2013-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL ALUMNI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA (BPRSW) PENERIMA PROGRAM SERTIFIKASI TAHUN 2013-2015)
12250038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBERFUNGSIAN SOSIAL ALUMNI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL WANITA YOGYAKARTA (BPRSW) PENERIMA PROGRAM SERTIFIKASI TAHUN 2013-2015)
12250038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Keberfungsian Sosial Alumni Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) Yogyakarta Penerima Program Sertifikasi Tahun 2013-2015. Pembangunan sosial adalah suatu proses perubahan sosial yang terencana dan dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai suatu keutuhan, dimana pembangunan ini dilakukan untuk saling melengkapi dengan dinamika proses pembangunan ekonomi. Perempuan memiliki peranan penting dalam pembangunan sosial. Oleh karena itu, perempuan yang mengalami disfungsi sosial harus segera mendapatkan penanganan agar keberfungsian sosialnya dapat berfungsi kembali. Tujuan Penelitian ini adalah menjelaskan keberfungsian sosial alumni Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita Yogyakarta (BPRSW) khususnya yang menerima program sertifikasi pada tahun 2013-2015. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara terhadap Alumni BPRSW, Kepala BPRSW, Pekerja Sosial BPRSW, Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial, Keluarga Alumni BPRSW dan aparat setempat (Ketua RT). Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alumni penerima program sertifikasi dapat dikatakan mampu menjalankan keberfungsian sosial yang meliputi: keberfungsian sosial dipandang sebagai kemampuan dalam melaksanakan peranan sosial, keberfungsian sosial dipandang sebagai kemampuan dalam memenuhi kebutuhan, dan keberfungsian sosial dipandang sebagai kemampuan dalam memecahkan permasalahan sosial yang dihadapi. Kemampuan dalam melaksanakan peranan sosial dibagi menjadi lima aspek, yaitu status sosial, interaksional, tuntutan atau harapan, tingkah laku, situasional. Sedangkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dibagi menjadi dua aspek: kebutuhan akan rasa aman dan kebutuhan untuk mengakomodasi dorongan-dorongan yang dapat mengakibatkan terjadinya pertumbuhan. Namun dari aspek tuntutan dan harapan masih ada alumni yang belum mampu menjalankan sesuai dengan harapan orang-orang dilingkungannya. Selain itu dari aspek kemampuan dalam mengakomodasi dorongan-dorongan yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan juga masih ada alumni yang belum mampu memenuhi, yaitu tidak dapat menjalankan hobi dan minatnya. Melalui penelitian ini juga dapat diketahui bahwa adanya program sertifikasi semakin membuat para alumni mampu bersaing di dunia kerja atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I, M.Si NIP. 19830519 200912 2 002
Uncontrolled Keywords: Keberfungsian Sosial, Alumni Penerima Program Sertifikasi, BPRSW Yogyakarta
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2017 04:19
Last Modified: 17 Feb 2017 04:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item